[Review] Islam itu Ramah Mudah Indah



Judul               : Islam itu Ramah Mudah Indah
Penulis             :  Tethy Ezokanzo & Wawan Kungkang
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
No ISBN         : 9786020321967
Tahun terbit     : Oktober 2015
Harga              : Rp 46.800


Sinopsis :

Tersenyum pada saudaramu adalah sedekah. Wow, luar biasa ya Teman-teman! Ternyata dalam Islam seulas senyum saja bisa mendatangkan pahala. Ya, Islam kan agama kasih sayang, jadi sudah sepantasnya kaum muslim bersikap ramah. Selain tersenyum, banyak kebaikan dalam Islam yang bisa kita lakukan, lho! Di antaranya:

- Selalu Bersyukur,
- Mencuci Tangan,
- Menggunting Kuku,
- Tidak Mengejek,
- Membantu Sesama,
- Menutup Aib Saudara,
- Memperbanyak Niat Baik,
- Menyayangi Anak Yatim, Dan
- Mendamaikan Teman Yang Bermusuhan.

Supaya komplet, ayo baca komik ini sampai habis. Buktikan sendiri bahwa Islam adalah agama yang ramah, mudah, indah!

Komik Asyik dan Enak di Baca

Islam itu Ramah Mudah Indah, ialah Komik yang ditulis oleh Tethy Ezokanzo dan ilustrator Wawan Kungkang untuk anak-anak. Di dalam buku Islam itu Ramah Mudah Indah, ada 5 tokoh yang berperan dalam cerita. Umar, Alya, Abid, Hasna dan Hana. Hasna dan Hana adalah kakak beradik.

Ada 42 tema di lempar dan dijabarkan apik disertai gambar. Anak-anak pasti menyukai buku yang bergambar. Sebagai kakak atau orang tua bisa langsung dijelaskan, ketika anak bertanya. Penyampaiannya sederhana dan mudah dimengerti.


Contohnya tema sedekah, dengan judul Sedekah Senyum. Di sini digambarkan Umar bersama ibunya sedang berhenti di lampu merah. Ada bapak tua dengan satu kaki meminta-minta lewat jendela.

"Sedekahnya Den?" ucapnya memelas.
Umar membalas dengan menyilangkan kedua tangan, dan berkata "Huh!"

Sebagai ibu yang baik, tentu saja Umar ditegur. Tetapi dengan nada lembut dan pemahaman yang baik. Ibu memberikan santunan kepada bapak peminta-minta dan beliau mengucapkan terima kasih.

"Walaupun nggak memberikan uang. Jangan dijudesin Umar. Berilah senyuman karena senyum juga sedekah lho!" Kata ibu Umar, seketika itu juga Umar langsung melambaikan tangan sambil tertawa kepada bapak peminta. Giliran bapak peminta yang terbengong-bengong.

Setelah komik bergambar dan pemahaman yang diberikan selesai. Di lembar lanjutan akan dijabarkan. Bagaimana jika kita tidak punya uang untuk bersedekah. Tethy Ezokanzo lantas memberikan deskripsi singkat, menyoal sdekah walau tidak menggunakan uang. Ada hadistnya juga lho.

"Senyum di hadapan saudaramu adalah sedekah." (HR. Muslim)

Tema beragam lainnya juga diusung, seperti : Murah Hati, Sayangi Hewan, Islam itu Mudah, Pilih yang Mudah, Amalah Termudah, Sholat Duduk, Niat Baik, Bersin, Tidak Mengejek dan judul-judul lainnya.

Kalau ditanya paling suka tema apa, salah memilih judul, 'Tidak Menyelidik'. Ini berkisah soal orang yang bertamu ketika disuguhi makanan.

"Ini apa?"
"Terbuat dari apa?"
"Beli? Ada ayamnya ya?"
"Halal?"

Ini soal adat bertamu. Saat kita sudah capek-capek membuatkan tapi sang tamu berkata macam-macam dan meragukan perihal kehalalanya. Apabila kita memang ragu, sebaiknya tolak secara halus. Tidak diperkenankan menyelidih dengan detail.

"Dari Abu Hurairah ra., dia berkata, "Rasullullah bersabda. 'Jika seseorang dari kamu berkunjung ke rumah saudaranya sesama muslim, lalu dia menghidangkan makanan kepada-nya, hendaklah dia memakannya dan jangan menanyakan (menyelidik) perihal makanan itu kepadanya. Dan bila dia menghidangkan minuman kepadanya, hendaklah dia meminumnya dan kangan menanyakan (menyelidik) perihal minuman itu kepadanya.'" (HR. Ahmad) [Halaman 78]

Komik anak ini rekomendasi banget untuk kakak, orang tua yang ingin mengajari kebaikan kepada anak-anak kita. Nilai plusnya ada hadistnya juga, jadi kita tahu dasarnya.

Salam



4 komentar:

  1. Suka banget dengan hadistnya 😊

    BalasHapus
  2. Sebenarnya Islam itu mudah dan indah. Tapi ada oknum yg membuatnya tak indah.

    BalasHapus
  3. Iya, islam itu indah. Kan ada juga acaranya di salah satu stasiun TV nasional. yang dipandu oleh Ust. Maulana dan yang lainnya, hehe...

    BalasHapus
  4. Bagus ini bukunya. mudah dicerna oleh anak-anak.

    BalasHapus