Review Buku Mengoptimalkan Blog&Social Media untuk Small Business
Judul Buku :
Mengoptimalkan Blog&Social Media untuk Small Business
Penulis : Joko
Salim, S.KOM, SE, CFP
Penerbit : Elex Media Komputindo
ISBN :
9786020015668
Tebal Halaman : 165 halaman
Sinopsis
Perkembangan teknologi terutama Internet tidak
hanya menyentuh seseorang secara pribadi, namun juga dunia bisnis. Dewasa ini,
rata-rata bisnis, terutama usaha kecil, sudah lumayan akrab dengan Internet.
Dunia maya menjadi wahana untuk mendekatkan
perusahaan dengan pelanggan. Sayang, sejauh ini belum banyak usaha kecil yang
memanfaatkan dunia maya dengan optimal.
Beberapa aspek, seperti blog dan media sosial belum
sepenuhnya dijadikan sebagai alat untuk pemasaran. Ketidaktahuan ini bisa
dipahami, karena buku yang mengulas tentang blog dan media sosial dalam
kaitannya dengan usaha kecil memang belum banyak dibuat.
Buku ini mencoba mengisi kekosongan itu, dengan
memaparkan hal-hal praktis yang bisa dilakukan pebisnis usaha kecil untuk
mengoptimalkan blog dan media sosial.
Materi yang dipaparkan dalam buku ini lebih
bersifat panduan dan referensi, yang disesuaikan dengan perkembangan terbaru.
Sejumlah kiat yang diulas telah teruji dan dipraktekkan sejumlah perusahaan.
Buku ini mengulas dengan rinci apa yang bisa
dilakukan pebisnis usaha kecil guna mengoptimalkan blog dan media sosial,
sebagai sarana untuk meningkatkan profit perusahaan.
Berbagai hal yang dibahas ditulis dengan bahasa
yang lugas dan sederhana, mudah dipahami dan mudah diaplikasikan, apapun jenis
usaha yang dikembangkan.
Review :
Buku ini saya beli di Gramedia,
waktu ada obral murah. Setelah lama vakum dari ngeblog, saya haus akan ilmu
ngeblog dan buku ini jadi semacam jawabannya. Isinya padet banget, yang intinya
bagaimana kita memaksimalkan blog yang kita punyai ini hingga menghasilkan
bisnis yang bertahan lama.
Ada 25 bab yang diulas di buku
ini; Peluang tak Terhingga di dunia maya, Yang harus diperhatikan ketika
Menulis Blog, tips blogging yang efektif, mengapa blog bisnis tidak menghasilkan
penjualan, strategi efektif, kesalahan pelaku bisnis pada media sosial dan
lain-lain. Buku ini kaya banget dalemnya.
Baiklah akan saya jabarkan
pembahasan beberapa isinya perbab. Pada bab 6 yang berjudul ; yang harus
diperhatikan ketika menulis di blog ada 4 sub bab. Pertama tahu tujuan, kenali
audiens, jangan terlalu panjang, dan mudah dipindai.
Tahu tujuan, ketika menulis
hendanya kita punya gambaran yang utuh dan jelas. Gambaran soal apa uang ingin
kita sampaikan ini kepada pembaca.
Kenali audiens, blog adalah platform yang tak
terbatas. Sebab itu kita harus mengenali sasaran audiens yang kia tuju. Bila
sasaran kita anak muda, kita harus menulis dengan gaya bahasa yang'ngenomi'
istilahnya memuda atau gaul/hits/kekinian.
Jangan terlalu panjang, tulisan
yang panjang dan bertele-tele sangat dihindari. Jadi tulislah yang singkat tapi
kaya akan informasi dan tentunya harus menarik.
Mudah dipindai, ini dimaksudkan bahwa tulisan kita
meski dilhat sekilas, pembaca tahu intinya. Caranya dibagi beberapa sub bab,
supaya tidak terlihat panjang. sertakan gambar atau diagram pendukungnya.
Kalau ditanya dalam buku ini bab
mana yang paling disukai, saya suka semua. Ilmu dalam buku ini banyak, tapi
tidak semua terincikan dengan baik. Mungkin karena mengusung tulisan, jangan
terlalu panjang ini, maka isi bukunya singkat-singkat. Tetapi jangan salah
meski pembahasannya singkat, tapi jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar