Review Buku Mengoptimalkan Blog&Social Media untuk Small Business



Judul Buku          : Mengoptimalkan Blog&Social Media untuk Small Business
Penulis                 : Joko Salim, S.KOM, SE, CFP
Penerbit               : Elex Media Komputindo
ISBN                    : 9786020015668
Tebal Halaman     : 165 halaman

Sinopsis

Perkembangan teknologi terutama Internet tidak hanya menyentuh seseorang secara pribadi, namun juga dunia bisnis. Dewasa ini, rata-rata bisnis, terutama usaha kecil, sudah lumayan akrab dengan Internet.

Dunia maya menjadi wahana untuk mendekatkan perusahaan dengan pelanggan. Sayang, sejauh ini belum banyak usaha kecil yang memanfaatkan dunia maya dengan optimal.

Beberapa aspek, seperti blog dan media sosial belum sepenuhnya dijadikan sebagai alat untuk pemasaran. Ketidaktahuan ini bisa dipahami, karena buku yang mengulas tentang blog dan media sosial dalam kaitannya dengan usaha kecil memang belum banyak dibuat.


Buku ini mencoba mengisi kekosongan itu, dengan memaparkan hal-hal praktis yang bisa dilakukan pebisnis usaha kecil untuk mengoptimalkan blog dan media sosial.

Materi yang dipaparkan dalam buku ini lebih bersifat panduan dan referensi, yang disesuaikan dengan perkembangan terbaru. Sejumlah kiat yang diulas telah teruji dan dipraktekkan sejumlah perusahaan.

Buku ini mengulas dengan rinci apa yang bisa dilakukan pebisnis usaha kecil guna mengoptimalkan blog dan media sosial, sebagai sarana untuk meningkatkan profit perusahaan.

Berbagai hal yang dibahas ditulis dengan bahasa yang lugas dan sederhana, mudah dipahami dan mudah diaplikasikan, apapun jenis usaha yang dikembangkan.


Review :



Buku ini saya beli di Gramedia, waktu ada obral murah. Setelah lama vakum dari ngeblog, saya haus akan ilmu ngeblog dan buku ini jadi semacam jawabannya. Isinya padet banget, yang intinya bagaimana kita memaksimalkan blog yang kita punyai ini hingga menghasilkan bisnis yang bertahan lama.

Ada 25 bab yang diulas di buku ini; Peluang tak Terhingga di dunia maya, Yang harus diperhatikan ketika Menulis Blog, tips blogging yang efektif, mengapa blog bisnis tidak menghasilkan penjualan, strategi efektif, kesalahan pelaku bisnis pada media sosial dan lain-lain. Buku ini kaya banget dalemnya.

Baiklah akan saya jabarkan pembahasan beberapa isinya perbab. Pada bab 6 yang berjudul ; yang harus diperhatikan ketika menulis di blog ada 4 sub bab. Pertama tahu tujuan, kenali audiens, jangan terlalu panjang, dan mudah dipindai.

Tahu tujuan, ketika menulis hendanya kita punya gambaran yang utuh dan jelas. Gambaran soal apa uang ingin kita sampaikan ini kepada pembaca.
Kenali audiens, blog adalah platform yang tak terbatas. Sebab itu kita harus mengenali sasaran audiens yang kia tuju. Bila sasaran kita anak muda, kita harus menulis dengan gaya bahasa yang'ngenomi' istilahnya memuda atau gaul/hits/kekinian.

Jangan terlalu panjang, tulisan yang panjang dan bertele-tele sangat dihindari. Jadi tulislah yang singkat tapi kaya akan informasi dan tentunya harus menarik.
Mudah dipindai, ini dimaksudkan bahwa tulisan kita meski dilhat sekilas, pembaca tahu intinya. Caranya dibagi beberapa sub bab, supaya tidak terlihat panjang. sertakan gambar atau diagram pendukungnya.

Kalau ditanya dalam buku ini bab mana yang paling disukai, saya suka semua. Ilmu dalam buku ini banyak, tapi tidak semua terincikan dengan baik. Mungkin karena mengusung tulisan, jangan terlalu panjang ini, maka isi bukunya singkat-singkat. Tetapi jangan salah meski pembahasannya singkat, tapi jelas.


1 komentar: