Review Buku Easy Biz



Judul Buku                  : Easy Biz (Tak Perlu Ragu Merintis Bisnis)
Penulis                         : Ollie
Cetakan Pertama         : 2011
Tebal                            : 158 Halaman
ISBN                            : 9789797804947



Entrepreneurs are never born. They are made.
Modal terbesar untuk mewujudkan bisnis sendiri adalah dengan NIAT.

Dari judul buku ini udah keliatan banget kan, temanya apa? Yup, bisnis. Menurut sebagian besar orang untuk memulai usaha itu membutuhkan modal yang gede, tapi bagi mba Ollie. Modal untuk memulai usaha ialah NIAT. Daftar isi buku ini dibagi menjadi  4 tahap, dengan beberapa penjabaran di dalamnya.



Isi dalam buku, baca jadi nggak bosen karena ada gambarnya

Pertama; Starting Up. Di mana isi di dalamnya ialah saat kita memulai, seperti : pindah kuadran, about a mentor, belajar dari MLM, modal udaha, bcara mimpi, pentingnya visi dan misi, business talk, riset bisnis dan lain-lain

Kedua; Grow. Isi penjabarannya soal, etika bisnis, what's youe value, personal branding, formula sukses, inovasi, memangun reputasi, reward system, public speaking dan lain-lain.

Ketiga; Shit Happens. Masalah-masalah yang akan kita hadapi nantinya. Ada 7 penjabaran soal, difficult employes, konflik dengan patner bisnis, technical problem, ambil pelajaran, the art of failing dan lain-lain

Keempat; What's Next? Giving back, kolaborasi, expansi, investasi, stay small, from B2C to B2B dan lain-lain. Buku ini berisi banget kalau saya bilang, semua yang ditulis mba Ollie di sini berdasarkan pengalamannya mengawali berbisnis.

Pembuka pertama buku ini berjudul,'Pndah Kuadran',  di mana dalam hidup kita pasti dituntut untuk bisa memilih. Bertemu persimpangan yang membuat kita harus memutuskan dengan cepat. Mba Ollie berada pada posisi, di mana ia harus terus menjadi karyawan atau resign dan meneruskan usaha yang telah dibangunnya. Bisnis toko buku online bersama temannya Angeline dan Cristine maju pesat, order besar namun tidak dapat ditangani dengan baik karena masing-masing masih bekerja pada perusahaan.  Akhirnya mba Ollie menemui mentor yang sangat dihormati dalam dunia strategi online.

"Saya nggak bisa sarankan apa-apa kalau kalian belum resign."

Hanya itu ungkapan beliau, pak Nukman Luthfie, galau kah mba Ollie? Tentu saja, mba Ollie juga manusia biasa seperti kita. Antara dunia entrepreneur yang serba nggak pasti atau resign dengan pekerjaan ia sukai. Keputusan pun harus segera diambil dan passion yang menuntun mba Ollie akhirnya.

"Buku adalah passion terbesar hidup saya. Bekerja dengan buku adalah impian saya, jadi mengapa saya harus ragu?" (halaman 4)

Easy Biz, bukan hanya buku yang berisikan tulisan saja. Namun berisi gambar, lembaran berwarna serta quote-quote keren. Setiap pokok pembahasan memang tidak banyak, karena pembahasan di buku ini juga banyak. Terlebih agar pembaca juga tidak merasa bosan dong, ya!



Yang senengnya banget, setelah membeli buku ini beberapa minggu kemudian saya bertemu langsung dan menimba ilmu dengan mba Ollie. Beliau orangnya ramah, supel, anggun dan satu lagi ia memakai batik terus di setiap pertemuan. Karena dua kali saya bertemu beliau, pada dua acara juga. Langsung deh setelah acara selesai saya minta tandatangan dan berfoto. Nggak hanya cantik, tapi smart banget. Aih, mba Ollie. Semoga aku bisa menuruni bakat-bakatmu ya, heehehe.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar