[Review] Ketika Dilo Sakit Gigi

Ketika Dilo Sakit Gigi



Keterangan Buku:

Judul                       : Ketika Dilo Sakit Gigi
Penulis                    : Naning Chandra
Penyunting             : Putri Sastra
Desain                    : Amanda M. T. Castilani
Penerbit                  : PT Buana Ilmu Populer
Terbit                      : 2016
Tebal                       : 22 hlm.


Cerita bermula ketika burung-burung  yang cantik bernyanyi, di hamparan kebun yang luas dan banyak ditanami pepohonan. Termasuk si Popi plover, setelah bernyanyi dengan riang gembira Popi merasakan kelaparan dan mencari serangga untuk di makan.

Popi turun bersama Pat dan Pit si burung nuri, Mery dan Pip si burung parkit dan juga Flo fan Fea si burung merpati yang turut serta mencari makanan. Mencari ke sana-kemari tak juga menemukan makanan, mereka merasa lelah dan kesal.

Fea si burung merpati lantas menyarankan beberapa burung untuk pergi ke Sungai Biru, kalau di sana banyak sekali serangga yang bisa dimakan.

"Sungai Biru? Kalau aku jdi kamu aku tidak akan ke sana!" seru Pat. (halaman 8)




Burung-burung kemudian penasaran kenapa Pat tidak ingin ke sana, ternyata di Sungai Biru ada penghuni jahat bernama Dilo, si buaya yang suka memakan burung.

Popi seekor burung yang pemberani itu pergi sendirian ke balik bukit, menuju Sungai Biru meski teman-temannya sudah memerintahkan untuk tidak pergi. perut kroncongan Popi akhirnya terselamatkan juga, tidak sadar Popi bernyanyi riang dan membangunkan seseorang yang amat berbahaya.

"Kamu, burung kecil, sudah berapa kali kueringatkan ... jangan berisik! Apa mau kumakan?" ancam Dilo.  (halaman 10)

Popi ketakutan dan akhirnya tidak bisa melakukan apa pun, ia gemetaran mendengar suara Dilo yang menggelegar. Tetapi Popi selamat, gegara si buaya jahat Dilo berteriak kesakitan giginya. Meski masih diancam, Popi pun membantu Dilo juga. Ia melihat banyak kotoran di mulut Dilo, Dilo ternyata jarang membersihkan giginya sehingga menimbulkan bau mulut.

Nah, bagaimana kelanjutan Popi dan Dilo ini? Semoga Popi tidak kenapa-kenapa ya? Apakah Popi bisa menyembuhkan sakit gigi Dilo dan berhasil kabur dari cengkeraman Dilo? Yang jelas buku ini mengajarkan kepada anak agar rajin menggosok gigi dan menjaga mulut agar tidak sakit gigi.


Happy reading!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar