[Review] Teman Baru Mong

Teman Baru Mong


Keterangan Buku:

Judul                                  : Teman Baru Mong
Penulis                               : Naning Chandra
Ilustrasi                             : Dies, Billy &Dinni
Penyunting                         : Putri Sastra
Desain                                : Amanda M. T. Castilani
Penerbit                              : PT Buana Ilmu Populer
Terbit                                  : 2017
Tebal                                   : 22 halaman


Teman Baru Mong, berkisah tentang seekor unta dan panda. Kemi si unta yang tinggal di padang pasir, sangat bahagia karena kakek kesayangannya akan datang. Kemi dan orangtuanya akan menjemput kakek di stasisun kereta. Kemi terkejut ketika kakek datang bersama seekor panda. Saking rindunya Kemi pada kakek, ia langsung saja memeluk kakek.

"Kakek itu siapa?" tanya Kemi.

"Itu Ming dan ayah ibunya. Mereka teman Kakek dari China," kata Kakek. (halaman 5)

Mereka kemudian saling berkenalan dan bersalaman, tetapi Mong malah bersembunyi di balik rok ibunya. Kata ibu Mong, Mong anak yang pemalu. Kemi lantas menyapa Mong kembali dengan tersenyum. Mong akhirnya tersenyum meski kikuk. Keluarga Mong akan menginap di rumah Kemi sementara karena ada perjalanan bisnis.


Kemi dan Mong menjadi akrab, mereka bermain mobil-mobilan bersama, bermain ke taman di taman dekat rumah Kemi dan mereka mandi bersama. Gelembung sabun membuat keduanya gembira, mereka juga bermain kapal-kapalan. Kegembiraan tidak sampai di situ. Kakek mengajak Mong dan Kemi jalan-jalan ke pasar malam. Tidak hanya mereka berdua tetapi juga keluarga Mong dan Kemi ikut juga, ramai sekali ya?

Malam pun sudah larut mereka kembali ke rumah. Besok Mong akan pulang ke China kata kakek. Kemi pun menjadi sedih, Kemi ingin tidur bersama Mong malam itu. Kakek juga menceritakan dongeng yang indah, dongeng tentang persahabatan.

"Terima kasih ya, Kemi. Walaupun kita baru kenal, kamu baik sekali kepadaku." (halaman 15)

Di setiap kehidupan pasti akan ada pertemuan, setiap pertemuan pasti terjadi perpisahan dan akan menyisakan cerita-cerita juga kenangan. Fabel Teman Baru Mong juga begitu, menceritakan indahnya persahabatan. Betapa berharganya sebuah persahabatan.

Akankah Mong dan Kemi bertemu lagi di suatu hari nanti? Apakah persahabatan mereka hanya sampai di sini? Masih adakah cerita-cerita lainnya dari Kemi dan Mong? Temuka jawabannya di sini 'Teman Baru Mong'

Happy Reading!




4 komentar:

  1. Ini bukunya bagus buat anak dan remaja ya mbak nyi

    BalasHapus
  2. Buat anak2 oke nih...tapi berhubung Kenzie blm bisa baca jadi di dongengin dulu aja deh..

    BalasHapus
  3. Wah buku dengan tokoh fabel gini sangat disukai anak2 ya Nyi. Cocok nih buat kado ultah ponakan, hehee

    BalasHapus