[Review Buku] Anak Pembaca Cerita | The Storyteller's Son

[Review Buku] Anak Pembaca Cerita


Keterangan Buku:

Judul                                  : Anak Pembaca Cerita
Penulis                               : Arleen A
Ilustrasi                              : Sherly, ErorG, Cecilia, Rno, Gina, Andika
Penyunting                         : Dewi Widyastuti, Novalya Putri
Desain                                : Aditya Ramadita, Amanda M.T. Castilani
Penerbit                              : BIP (Buana Ilmu Populer)
Terbit                                 : 2016
Tebal                                  : 20 halaman

Tahukan anak-anak paling suka hari apa? Sabtu. Iyap, karena mereka bisa bebas bermain dengan ayah dan ibunya, karena keduanya libur kerja. Begitu juga dengan Rocky. Setiap hari Sabtu, ia dan ayahnya selalu punya jadwal berjalan bersama.  Entah itu bermain bola, berenang, memancing ikan bersama dan kegiatan lainnya.

Tetapi pada Sabtu berikutnya rencana berubah, Rocky yang sudah menjadwalkan bermain basket dengan ayah putar haluan.

"Kita pergi ke tempat istimewa hari ini, yuk!" kata yah Rocky. Ia pun bersemangat dan menebak-nebak ke mana ayah akan membawanya.

Sayangnya semua yang disebutkan oleh Rocky tidak tepat,  ia tidak akan bermain voli di pantai atau bowling. Ayah membawa Rocky ke rumah sakit. Mereka lantas masuk ke sebuah ruangan, ayah Rocky mengeluarkan buku cerita dari tasnya lantas membacakan untuk mereka. Selesai membacakan cerita untuk mereka, Rocky kira mereka akan segera pergi dan bermain bola tetapinya salah.

Ayah kembali berkunjung ke ruangan lain, membacakan cerita untuk anak lain yang tidak kuat untuk pergi ke ruangan tadi yang dikunjunginya pertama kali. 3 jam Rocky menunggu yang baginya bagai 3 tahun.


Sabtu berikutnya berulang kejadian serupa, Rocky jenuh dan sebal terhadap ayah. Ia merasa bosan menunggu ayanya menceritakan dongeng kepada anak-anak lain. Hebatnya lagi ayahnya mendaftarkan diri, sebagai tenaga sukarelawan pembaca cerita selama tiga bulan. Dua belas hari sabtu akan terbuang begitu saja, keluhnya dalam hati. Rocky pun berjalan di lorong rumah sakit tanpa tujuan, ia pun bertemu dengan seorang anak lelaki yang mengajaknya pergi untuk mengikuti dia.

"Apa kamu penangkap bola yang andal?" tanya anak itu dan membawanya ke ruangan seperti dapur. Ia menyuruh Rocky mengikuti instruksinya. Menangkap setiap bungkus makanan, yang dilemparkan olehnya dan tidak boleh terjatuh.  Selama satu jam tersebut, Rocky merasa bahagia dan bungkusan tersebut sudah tertaruh rapi di atas baki dibawa oleh perawat untuk diberikan kepada anak-anak.

Sabtu depannya lagi, Rocky bertemu anak itu dan diajaknya lagi untuk mencuci piring. Rocky merasakan senang, ternyata mencuci piring juga begitu menyenangkan. Rocky penasaran dengan namanya, tetapi dia menjawab, "Namaku tidak penting."

Sabtu kemudiannya lagi Rocky mengerjakan cucian bersama anak tersebut. Selalu ada hal yang menyenangkan, yang dilakukan Rocky bersamanya.

Sampailah di Sabtu yang ke-12, Rocky kembali berbahagia. Ia akan bermain bersama ayahnya lagi setelah ini. Tetapi ia sebelumnya mencari tahu di mana keberadaan, anak lelaki yang selalu bersamanya di setiap sabtu. Diberbagai ruangan ia tidak menemukan anak lelaki itu. Ia mencoba bertanya, tetapi tidak ada yang tahu nama anak itu. Sampai ia menemukan foto anak itu, tertera nama di bawahnya,'Andy'.

Di sekeliling potret Andy, banyak tulisan dari teman-temannya yang menuliskan tentang kebaikan seorang Andy. Mereka menuliskan, bahwa mereka akan selalu mengingatnya. Perawat yang memergoki Rocky bersama Andy waktu itu, pun memberikan sebuah amplop kepadanya.

Surat apakah itu?

Andy di mana?
           
"Rocky! Ternyata kamu di sini! Ayo kita pergi, Nak!" ajak ayah kepada  Rocky. Namun sebelum pulang Rocky mengajak Ayah  ke sebuarh ruangan, 'Volunteer Registration'.

Apa yang akan dilakukan Rocky di sana?

Temukan jawabannya dalam buku, 'Anak Pembaca Cerita'.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar