[Review Buku] Putri Punica dan Buah Delima

[Review Buku] Putri Punica dan Buah Delima


Keterangan Buku:

Judul                                  : Putri Punica dan Buah Delima
Penulis                               : Mulasih Tary
Ilustrasi                             : Nisa Nafisah
Penyunting                         : Putri Sastra
Desain                                : Vidya Prawitasari
Penerbit                              : BIP (Buana Ilmu Populer)
Terbit                                  : 2017
Tebal                                   : 20 halaman


Putri Punica dan Buah Delima ialah buku yang menceritakan mengenai, kerjaaan Athif. Kerajaan yang berdiri di Benua Asia, tepat lokasinya di Iran dimana kerjaan itu memiliki putri dengan nama Putri Punica. Putri Punica sudah lama mengalami sakit-sakitan. Sering kali ia mengalami pingsan, akibat sakitnya. Raja Usman, sang ayah sangat khawatir terhadap keadaan putrinya yang semakin melemah.

"Bagaimana ini? Apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkan Putri saya, Tabib?"  tanya Raja Usman pada suatu hari. (halaman 4)

Raja Usman meminta nasihat dari tabib kerajaan mengenai Putri Punca, sang tabib pun menuturkan usaha yang dilakukannya sudah semaksimal mungkin. Raja menjadi semakin bingung, ia tidak mau jika harus kehilangan putri yang dicintainya. Penasihat kerjaan memberi solusi kepada raja, bagaiamana jika diumumkan perihal penyakit Putri kepenjuru dunia, siapa tahu ada yang bisa menyembuhkannya.

Raja Usman memikirkan benar-benar apa yang dikatakan Penasihatnya, Raja Usman memang menyembunyikan sakit Putri Punica, agar rakyat tidak merasakan sedih. Akhirnya Raja Usman memutuskan, siapa pun dia yang bisa menyembuhkan penyakit Putri Punica akan mendapatkan berkeping-keping emas.


Kabar disebar, banyak sekali tabib dan rakyat berdatangan yang ingin menyembuhkan Putri Punica. Tetapi hasilnya masih nihil, Putri Punica belum mengalami perubahan sama sekali. Masih pucat dan selalu terjatuh pingsan.

"Saya ingin bertemu dengan Putri Punica. Sya membawa obat untuknya," ucap seorang anak kecil yang datang kali itu. Prajurit yang yang kaget melihat anak kecil itu langsung menghentikan langkahnya dan bertanya perihal apa dia datang. Pengawal itu pun memperbolehkan anak kecil tersebut masuk, dengan catatan jangan sampai ramuan yang dibawanya bisa meracuni Putri Punica.

Putri Punica terbarng lemas, saat anak kecil itu masuk. Raja Usman pun mendampingi selalu sang putri. Bertanyalah sang Raja kepada anak kecil tadi.

"Izinkan saya memberikan ramuan ini kepda Putri Punica Raja," kata anak kecil itu. (halaman 12)

Yang diberikan kepada Raja Usman tersebut ternyata buah delima. Raja Usman pun meminta penjelasan mengapa buah Delima? Anak kecil tersebut menceritakan perihal manfaat mengkonsumsi buah Delima.

Apakah Putri Punica akan sembuh? Atau justru sebaliknya? Hukuman apa yang akan diterima anak kecil tadi,  jika terbukti Putri Punica semakin parah? Temukan jawaban itu dalam buku, 'Putri Punica dan Buah Delima'.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar