Review Buku Kenduri Blang



Review Buku Kenduri Blang -  Kenduri Blang, adalah salah satu buku yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Program Penyediaan Bahan Bacaan Literasi dalam rangka Gerakan Literasi Nasional, yang ditulis oleh Eni Wulansari. Saya mengenalnya dengan nama pena, Shabrina WS.


buku anak gramedia buku anak islami buku cerita anak buku anak bahasa inggris buku tulis anak rak buku anak buku anak terbaik buku tulis anak-anak



Kenduri Blang menceritakan tokoh Wulan, yang suka membaca. Wulan suka membaca apa saja, dari buku, majalan, koran dan lain sebagainya. Kecintaan wulan membaca diturunkan dari Ayah dan Ibunya, yang juga gemar membaca. Jadi sekeluarga ini emang hobinya membaca, keren ya?

Bagi Wulan, hobi membaca memberikan dia pengeahuan yang baru. Dari hal-hal yang tidak dimengerti menjadi mengerti. Wulan juga suka mencatat, hal-hal baru yang dia temukan. Kadang dia juga menggunting, foto atau gambar dari koran untuk ditempel di buku catatannya. Rajin banget ya Wulan, kamu rajin juga nggak? hehehe ...

Upacara Kenduri Blang di Aceh Utara




Suatu hari Wulan mendekati ayah yang sedang membaca koran, Wulan melirik dan membaca apa yang ayah baca mengenai 'Kenduri Blang' yang ada di Aceh Utara.

"Apakah Kenduri Blang juga ada di kampung Zakiya?" Wulan yang penasaran, bertanya kepada sang ayah. Zakiya adalah sepupu Wulan, yang tinggal di Aceh Utara.


Di hari kemudian, ayah memberikan kejutan kepada Wulan. Beliau mengajak Wulan berkunjung ke rumah Zakiya dan keluarganya, di Aceh Utara.

Kedua saudara itu bertemu, Wulan dan Zakiya. Mereka terlibat pembicaraan seru soal Kenduri Blang. Zakiya kaget, kenapa Wulan tahu dengan acara tersebut. Ternyata Wulan tidak hanya mencatat, tetapi juga menggunting informasi tersebut di bukunya yang dia perlihatkan kepada Zakiya.

"Hore, pesta!" teriak Zakiya antusias. Mereka bergembira dan bersuka cita. Tidak hanya pesta tetapi juga bersyukur dan berdoa bersama.

Zakiya juga memperlihatkan Ie bu, di atas panci besar yang sedang di masak. Wulan langsung menebak, kalau itu adalah bubur nasi yang dimakan dengan kari domba. Zakiya sungguh takjub, saudaranya tersebut mengenal semua sebelum dia datang.


Acara pun dimulai setelah mereka tiba. Berdoa bersama pun dilakukan, dan acara besar dimulai yaitu makan bersama. Makanan yang awalnya hanya dilihat di koran, kini bisa Wulan nikmati dengan lahapnya. Kegiatan yang hanya dalam bayangannya saja, kini menjadi kenyataan. Wulan sangat senang.

buku anak gramedia buku anak islami buku cerita anak buku anak bahasa inggris buku tulis anak rak buku anak buku anak terbaik buku tulis anak-anak


Paman Yahya juga mengajak anak-anak untuk mengusir hama dengan alami, menggunakan kulit domba. "Wow. Sama seperti yang kubaca di koran," seru Wulan dengan antusiasnya.

Mereka menuju ke pintu air dan kulit domba digunakan untuk mengusir hama. Mengapa bisa begitu? Ternyata kulit domba dengan aromanya yang waow, menyebar bersama air dan membuat hama tanaman takut. Semua yang dilihat Wulan dan dibacanya, betul-betul kejadian betulan. Wulan jadi memiliki banyak pengalaman yang berkesan. Wulan bangga akan hobi membacanya, karena dengan membaca pengetahuan didapatkan dan sangat menyenangkan.

Tidak ingin terlewat begitu saja, Wulan menuliskan pengalamannya. Dia ingin mengirimkan kisahnya tersebut ke majalah, yang katanya kalau dimuat bisa dapat hadiah. Keren sekali bukan? Nah, kalau kalian suka membaca apa? Tutup Wulan dalam kisah buku Kenduri Blang.

Buku anak Kenduri Blang ini, diperuntukkan untuk bacaan anak usia SD kelas 1, 2, dan 3. Ceritanya mengalir enak, mudah dan asyik. Menanamkan kecintaan membaca kepada anak. Kalau anak suka membaca, pengetahuannya akan bertambah. Ini yang paling saya suka, memberikan edukasi kepada pembaca anak agar mencintai dunia membaca. Seperti Wulan, yang menyukai membaca lantas dia berlatih untuk menuliskannya. Kelak kalau punya anak jadi pengen mengajarinya cinta membaca, hehehe ... gegara buku ini.

Detail Buku Kenduri Blang

Judul             : Kenduri Blang
Penulis          : Eni Wulansari
Ilustrator       : Rizky Dewi
Diterbitkan     : Kemendikbud (Program GLN)
Media Baca    : PDF
Rilis              : Tahun 2019

Blurbs :

Wulan suka membaca. Membaca buku cerita, membaca majalah juga membaca koran. Suatu hari, Ayah mengajaknya pergi ke rumah seppunya di Aceh Utara. Saat itu sedang berlangsung acara Kenduri Blang.
Wah, Wulan pernah membacanya di koran. Apakah yang akan ditemui  Wulan sama dengan yang dia baca? Wulan sangat penasaran? Teman-teman penasaran juga? Ayo kita ikuti cerita Wulan.


buku anak gramedia buku anak islami buku cerita anak buku anak bahasa inggris buku tulis anak rak buku anak buku anak terbaik buku tulis anak-anak



Cara Mendapatkan Buku Kenduri Blang



Kenduri Blang adalah hasil naskah dari GLN tahun 2019 yang diikuti oleh Shabrina Ws. Beliau dibantu oleh Rizky Dewi sebagai ilustratornya. Seperti yang kita lihat paga buku ini, gambarnya bikin kita bayangin main ke Aceh Utara langsung dan menyaksikan keseruan Kenduri Blang.

Buat kalian yang mau unduh Buku Kenduri Blang, bisa banget mengunduhnya di situs badan bahasa. Bagaimana cara mendownloadnya? Ikuti cara berikut ya?

1. Buka handphone atau komputer kamu
2. Ketik link/ tautan ini di webbrowsermu (http://repositori.kemdikbud.go.id/17362/)
3. Lantas pilih tulisan, 'Download (4MB)
4. Setelah tersimpan di perangkat gadgetmu, tinggal dibaca deh.

Terimakasih bunda Shabrina Ws, yang sudah menuliskan cerita kerennya. Kenduri Blang, bikin saya pengen main ke Aceh betulan nih! Dan terimakasih untuk naskah legalnya, buat kalian juga bisa mengunduhnya dengan gratis dan sebarkan agar banyak anak-anak yang cinta membaca. Salam.

29 komentar:

  1. Buku anak tuh ceritanya memang simpel. Aku kadang masih suka baca karena gak mau banyak mikir tapi tetap dapat nasihat cerita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Jiah, aku juga seneng baca buku anak.
      Ringan dan banyak nasihat yang bisa kita pelajari ya.
      Kadang banyak hal-hal terlupa.

      Hapus
  2. Ini jalan ceritanya sederhana juga, ya. Tetapi, lihat covernya bikin ngiri. Enak banget kayaknya ngumpul sama keluarga di sawah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih sering main ke sawah Kak, hehehe
      asli sejukkk dan menyenangkan

      Hapus
  3. Buku khas anak-anak banget ini. Cerita sederhata tapi banyak makna. Suka banget sama covernya, viewnya di sawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku anak selalu menyenangkan untuk dibaca ya Mba hehehe
      aku juga betah aapalagi bergambar

      Hapus
  4. Buku yang mengedukasi ya Nyi.
    Terbukti dengan banyak membaca akan dapat banyak ilmu.
    Ilustrasinya juga bagus banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Kak Ery, hehehe iya banget aku suka baca buku anak
      ilmunya itu bisa nyesep, soalnya ringan dan ada gambarnya asik

      Hapus
  5. Jujur aku suka buku anak karena ilustrasinya juga cakep banget. Hal ini yang seringkali jadi perhatianku. Tapi emang naskah ceritanya juga membantu banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada cerita ada gambar, enak dibacanya ya Mba Lida

      Hapus
  6. Lihat dari sampulnya menarik ini mba, aku jadi pengen cari bukunya juga. Anak pasti senang

    BalasHapus
  7. Keren memang Sabrina WS ini selalu segar dan kreatif tulisannya..aku pengen unduh ah...makasih ulasannya Nyi

    BalasHapus
  8. Sabrina WS ini kayaknya tidak pernah berhenti berkarya ya Mbak. Kebetulan si kecilku lagi seneng baca,aku otw download ah. Terima kasih ya Mbak sudah kasih informasi bagus banget buat aku.

    BalasHapus
  9. Wah, bagus nih, mba. Bisa mengenal bidaya aceh. Makasih infonya ya, mba. Aku mau download juga

    BalasHapus
  10. Sawah hijau selalu sukses buatku terpukau.

    ... juga rumah nenek.
    ... juga berlarian di pematang sawah di belakang rumah nenek.

    Masa kanak-kanak yang indah.

    Terima kasih sejenak telah membawaku "jalan-jalan" Nyi.

    BalasHapus
  11. Kampung halaman Ayahku di Aceh Utara tepatnya Lhoksukon mbak, jadi aku tau banget nih tentang Kenduri Blang..jadi kangen Aceh aku tuh :)

    BalasHapus
  12. Menarik ya memperkenalkan berbagai budaya daerah dan suku2 di Indonesia dari cerita anak

    BalasHapus
  13. Sampai setua ini saya masih suka baca cerita anak, seakan kembali ke masa kanak-kanak. Ceritanya ringan.

    BalasHapus
  14. Udah lama nggak baca-baca buku dan karya Mbak Shabrina WS. Aku selalu suka gaya tutur dalam buku-bukunya yang mengalir lembut.

    BalasHapus
  15. Wah.. Bs di download. Jd pengen nih. Mayan buat dongeng sblm tidur. Akunya kadang jg seneng liat buku begini. Baca buku anak ini penuh warna jd bawaannya happy. Hi hi

    BalasHapus
  16. Seru ya bisa didownload juga buat bahan2 bacain juga kurng apa ya.secara anakku dah mulai belajar membaca

    BalasHapus
  17. Enak ya bisa download cerita dari buku karya penulis favorit. Orang tua yang enggan ke toko buku bisa mendapat solusi dari download buku anak ini

    BalasHapus
  18. cerita anaknya bagus ya mbaaa..aku suka juga dengan ilustrasinyaa. Kereen pisaaan

    BalasHapus
  19. Baguuuss Nyi.
    pas banget ini ceritanya untuk Ai dan Hana.
    Aku mau baca juga aaah...

    BalasHapus
  20. Baru tau loh nama asli mb Sabrina WS ini, karyanya udah banyak sekali dan bagus-bagus. Mantap loh ini untuk bacaan anak, ada pesan moral di dalamnya.

    BalasHapus
  21. Wah bagus nih mbak. Makasih ya udah ngasih info buat ngunduh cerita ini. Buat nambahin stok read aloud anakku di rumah

    BalasHapus
  22. Jadi ingat masa-masa training GLN 2019 bareng Shabrina WS. Itu pertama kalinya ketemu beliau setelah berkenalan online selama 6 tahunan di Forum Penulis Bacaan Anak.

    BalasHapus
  23. alhamdulillaaaah the beauty of blogging!

    aku cari cari info contoh buku anak GLN gak nemu kemana mana, eh malah ketemunya di sini! Alhamdulillah ini infonya bermanfaat banget buat aku ^^ thankyouuuu Nyi!

    BalasHapus
  24. mantap banget aku juga suka membacakan buku anak-anak nih dan sering salut dengan bahan bacaannya bagus-bagus deh

    BalasHapus