Review Buku Kitab Komik Sufi


Review Buku Kitab Komik Sufi - Pertama kali berniat untuk baca buku Kitab Komik Sufi, karena sampulnya yang lucu. Berwarna biru, dan kisah-kisah Sufi cenderung memiliki hikmah luar biasa. Terlebih ini dibuat seperti komik, jadi asyik kalau membaca sekaligus ada gambarnya.


komik komedi komik romantis komik romantis korea komik webtoon komik online gratis bahasa indonesia


Karena berlangganan Gramedia Digital, langsung saja saya download Kitab Komik Sufi. Tidak perlu lama untuk menunggu, saya langsung bisa mengaksesnya. Kitab Komik Sufi ditulis oleh Ibod, penulis yang memiliki nama asli Bayu Priyambodo. Mas Ibod ini lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desan Universitas Trisakti Jakarta dan Ecole D'art Maryse Eloy, Paris, Prancis. Kitab Komik Sufi termasuk salah satu idenya yang digagas sudah lama, dan berhasil terealisasi dalam bentuk komik.  Siap-siap saja ketawa terbahak, dengan humor Sufi yang disajikan.


Hiburan dan Pengetahuan dalam sebuah Kitab Komik Sufi


Setiap cerita yang ada di Kitab Komik Sufi, memiliki tema sendiri-sendiri. Misalnya tema dengan judul, 'Batal Shalat', ini menceritakan beberapa orang yang lagi shalat di masjid. Satu orang nyeletuk, "Aduh, aku lupa kunci rumahku!" Namanya juga bapak-bapak, nggak sadar lagi shalat. Terus ada yang nimpalin, makmum di sebelahnya, "Hei, batal shalatmu kalo bicara!"


Lantas yang di sebelahnya lagi bilang, "Kamu sendiri ngomong!"

"Alhamdulillah cuma aku yang tidak bicara!" Ucap Imam di depan, yang lain langsung mikir tanda tanya. Saya yang membaca lantas langsung ketawalah, ini ada-ada aja sih!


komik komedi komik romantis komik romantis korea komik webtoon komik online gratis bahasa indonesia


Apa yang diceritakan dalam Kitab Komik Sufi ini, penulisnya mengambil sumber dari beberapa cerita kitab sufi klasik, seperti Ihya Ulmuddin karya A;-Ghazali, Tadzkirat Al-Auliya karya Fariduddin Atthar. Dan banyak lagi bersumber dari mulut-kemulut yang pernah di ceritakan dari zaman ke zaman. Tentunya Kitab Komik Sufi tidak lepas dari ciri khas penulisnya, memberikan pesan kebijaksanaan melalui sebuah komik.

Banyak konsep yang diusung dari dasar Sufisme mengenai, kebersihan hati, toleransi, kasih sayang dan nilai-nilai universal dari berbagai latar belakang agama, etnis dan bangsa. Kisah sehari-hari juga banyak digambarkan, lucu dan seru nggak kerasa saya sekali duduk dalam membacanya.

Tokoh-tokohnya sendiri ada beberapa, yakni dari Syaikh Sufi, orang yang membimbing di jalan kesufian. Murid, pejalan di jalan Sufi di bawah bimbingan seorang syaikh. Darwis, orang yang berkelana dan berpakaian lusuh, menempuh jalan Sufi dan sering kali dia bersifat misterius, aneh dan lucu. Ada setan yang suka menggoda manusia, berbuat keburukan dan juga hawa nafsu yang lebih berbahaya dari setan.

komik komedi komik romantis komik romantis korea komik webtoon komik online gratis bahasa indonesia


Buat kamu yang demen baca komik, Kitab Komik Sufi menjadi rekomendasi yang juga sangat bagus untuk belajar kebijaksanaan. Menghibur dengan cerita yang jujur, dan kadang gemas juga. Saya juga belajar banyak dari Kitab Komik Sufi, tentang kepedulian kepada orang lain dan hewan ciptaan Tuhan, tentang selalu ucapkan kata-kata baik, bagaimana kita harus bersykur dan juga kita harus berhati-hati akan tipu daya setan. Masih banyak lagi kisah seru, yang tidak menggurui dan dibalut humor yang bikin refresh otak dari kepenatan. 

komik komedi komik romantis komik romantis korea komik webtoon komik online gratis bahasa indonesia


Kitab Komik Sufi cocok untuk teman #NewNormal agar selalu berpikiran terus positif dengan apa yang sedang terjadi. Saya juga suka gambar-gambarnya yang sederhana, bikin kita yang baca senyum-senyum juga. Terima kasih untuk komikusnya dan juga penerbitnya yang sudah merilis Kitab Komik Sufi, jadi pengen baca serial Kitab Komik Sufi 2 dan 3. Pasti lebih seru lagi, selamat membaca!

komik komedi komik romantis komik romantis korea komik webtoon komik online gratis bahasa indonesia



Detail Buku Kitab Komuk Sufi

Judul                : Kitab Komuk Sufi
Penulis             : Ibod (Bayu Priyambodo)
Penerbit          : Kepustakaan Populer Gramedia
Jumlah Halaman : 156 halaman
Rilis                 : Cetakan Pertama Juli 2013
Diterbitkan Ulang : 28 January 2020
Negara            : Indonesia
Bahasa            : Indonesia

Blurbs :

Sufisme atau tasawuf adalah satu jalan penyucian jiwa berdasarkan ajaran Islam, yang mengutamakan kecintaan pada Allah, kasih sayang, dan toleransi. Dalam Kitab Komik Sufi disajikan kumpulan kisah penuh hikmah dari kitab Sufi klasik dan hikayat turun-temurun, dalam bentuk komik yang menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar