Review Buku Anak Aku Bisa Makan Sendiri | Buku Pertamaku Seri Anak Mandiri



Review Buku Anak Aku Bisa Makan Sendiri - Saya membaca buku anak AKu Bisa Makan Sendiri beberapa kali, bahasanya ringan, enak, dan mudah dipahami. Tentunya buku ini dikhususkan untuk anak balita, tapi tidak ada salahnya aku sebagai calon orangtua untuk membacanya bukan? Dan kita nggak boleh pilah-pilih bacaan ya kan?




Premisnya seorang anak laki-laki, yang sedang bermain merasakan perutnya berbunyi. Krucuk ... krucuk ... ternyata ia lapar. Dia mengintip mama di dapur, dan ternyata Mama memasak makanan kesukaannya. Ia berusaha belajar makan sendiri, sementara adik disuapi Mama. Apakah ia akan berhasil belajar makan sendiri? Simak keseruannya dalam buku Anak Aku Bisa Makan Sendiri.


Usaha Seorang Anak untuk Belajar Makan Sendiri


Buku anak Anak Aku Bisa Makan Sendiri ditulis oleh Watiek Ideo dan Nindia Maya, dan ilustrator Abigail Tan. Secara keseluruhan saya suka banget ceritanya, dan juga gambar-gambarnya sangat hidup. Saya lantas berkaca, apakah saya dahulu juga demikian dalam belajar makan eheheh ...


           
Tokoh 'aku', adalah anak laki-laki yang masih balita. Ia bermain sendirian. Ada bola, balok-balok lego, pensil, buku berceceran dan lain sebagainya. Tiba-tiba tanpa ia sadari perutnya berbunyi. Krucuk ... krucuk ...

Ups! Perutku berbunyi.
Aku lapar.

Ia berdiri, mencium aroma sedap dari dapur. Baunya membuat hidungnya mencari sumber, aroma tersebut. Ia mengintip mama yang sedang memasak. Ia melihat bahwa Mama sedang memasak makanan kesukaannya. Ia jadi tak sabar menunggu.

Di ruang tamu, ada Papa sudah duduk dengan manis. Lantas tokoh 'aku' menyusul ke meja dan duduk dengan baik. Ada sepiring telor ceplok, yang sangat harum dan berbentuk cantik. Mama selalu pintar menggoreng telor.

Yeaay! Waktunya makan tiba!
Kami semua sudah lapar.



Mama membawa sayur yang masih hangat ke meja makan, adik juga antusias. Sebelum makan, ibu mengajari aku untuk selalu berdoa lebih dahulu. Tokoh 'aku' memimpin berdoa bersama, di meja makan. Bersyukur atas karunia pemberian dari-Nya.

Setelah berdoa tokoh 'Aku' siap menyantap makanannya. Nyam -nyam. Ia melihat Papa makan dengan sangat lahap. Mama sedang menyuapi adik, sementara ia bisa makan sendiri karena sudah cukup besar.

Ia pelan-pelan menyendokkan nasi. Memasukan ke dalam mulut dengan hati-hati. Nyam ... nyam!

Kusendok nasiku.
Kuambil telurku.
Nyam ... nyam!

Begitulah tokoh 'aku', makan dengan lahap. eh tapi beberapa kali ia makan dan tumpah. Ia merasa terlalu bersemangat dan terburu-buru. Papa dan Mama yang melihat tersenyum, dan adik tertawa melihat sang kakak makan dengan nasi tercecer. Tokoh 'aku' mencoba makan lagi, dan ... hap! Nasi masuk ke mulut, nyam ... nyam!

Papa yang melihat mengacungkan jempolnya, Mengetahui anak laki-lakinya dengan baik, belajar makan sendiri. Tokoh 'aku' merasa senang, kemudian makan lagi dan ukh! Ia tersedak, segera ia mengambi air putih dan meminumnya dengan pelan.

Papa lantas mengingatkan, agar aku makan dengan pelan-pelan. Mengunyah dan menelan makanan hars pelan, biarkan makanan lembut baru ditelan.

Ah, benar juga ya!
Kusendok sayurku. Kumasukkan ke dalam mulut.
Hap! Nyam ... nyam!

Nah, apakah tokoh 'aku' akan berhasil belajar makan sendiri? Mama dan Papa mengamati, dan selalu mengingatkan. Meski piring belepotan, dan nasi berceceran, Mama dan Papa membiarkan anak belajar pelan-pelan. Saya suka banget dengan ekspresi Mama dan Papa-nya. Mereka sabar dan telaten membimbing, bukan yang marah-marah dalam mengajari anak belajar makan. Cerita dalam buku anak Anak Aku Bisa Makan Sendiri, sangat seru dan menggemaskan. Sekarang giliranmu membaca!


Banyak Pelajaran yang bisa diambil dari buku anak Aku Bisa Makan Sendiri, di antaranya adalah:


  • Anak belajar bermain dan bereksplorasi sendiri sebelum makan
  • Anak merasakan perutnya berbunyi, pertanda hal tersebut alarm agar ia makan karena lapar
  • Anak belajar menjadi pemimpin, dengan memimpin doa bersama di meja makan
  • Anak belajar makan sendiri, meski awalnya belepotan bibirnya, nasi berserakan terjatuh, dan ia pun juga merasakan tersedak
  • Anak belajar makan tidak perlu buru-buru, tetapi pelang mengunyah sampai lunak
  • Dan lain sebagainya.



Detail Buku Aku Bisa Makan Sendiri | Buku Pertamaku Seri Anak Mandiri



Judul                : Aku Bisa Makan Sendiri
Penulis             : Watiek Ideo dan Nindia Maya
Ilustrasi           : Abigail Tan
Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer
Tanggal Rilis   : 29 July 2019
Media Baca     : Gramedia Digital
Jumlah Halaman : 42 Halaman
Harga              : Rp39.000



Sinopsis Aku Bisa Makan Sendiri | Buku Pertamaku Seri Anak Mandiri



Mama memasak makanan kesukaanku.
Hore!
Aku memimpin doa sebelum makan dan bersiap makan sendiri.
Aku menyendok dan menyuap makananku sendiri.
Mama bangga padaku karena aku anak mandiri.
Seri Buku Pertamaku dibuat dengan tema yang pas untuk balita.
Buku ini bisa menjadi media belajar agar anak dapat mandiri,
memahami kasih keluarga, dan mengenal pengetahuan dasar.

Baca juga : 

Kakap Merah Ajaib | Seri Fabel 34 Provinsi

5 komentar:

  1. Topik buku BISA melakukan SENDIRI selalu saja ada ya. Saya perhatikan sejak sulung saya kecil, awal tahun 2 ribuan ada judul seperti ini tapi penulisnya berbeda. Yang sekarang ini berbeda lagi, ya - Mbak-mbak Watiek Ideo dan Nindia Maya. In syaa Allah akan membantu banyak anak kecil mandiri.

    BalasHapus
  2. Untuk kita makan adalah perkara mudah. Untuk anak yang baru belajar itu adalah usaha sepenuh jiwa raga. Diawali dengan inting lapar lalu berusaha memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan berusaha memasukannya sendiri ke dalam mulut. Prosesnya panjang itu...:)

    BalasHapus
  3. Biasanya anak anak yang baru Masuk TK ini cocok baca buku ini, biar dia bisa mencontoh peran aku yang ada dibuku

    BalasHapus
  4. Wah aku harus beli bukunya nih kayaknya, biar sekalian mengajarkan Aqsa makan sendiri. Apalagi dia masih susah buat makan sendiri tapi senang banget kalau dibacain cerita di buku.

    BalasHapus
  5. waaah bagus juga ya bukunya, bisa buat anakku nih yg masih males makan sendiri maunya disuapin mulu :|

    BalasHapus