Sabtu, 27 Februari 2021

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berbisnis Restoran

 

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Berbisnis Restoran - Pengertian restoran secara umum merupakan sebuah bangunan, yang dijadikan untuk tempat makan dan minum. Jika dibandingkan dengan warung makan, restoran jauh lebih besar. Dari SMP saya sudah akrab dengan yang namanya warung makan, karena setiap hari saya harus membantu Bude untuk berjualan di rumah makan. Sebelum berangkat sekolah membantu memasak dan menyiapkan menu, sepulang sekolah berbelanja kebutuhan di pasar. Tapi saya senang karenanya, dapet uang jajan soalnya hehehe ...




youtap karir youtap apk daftar youtap logo youtap manfaat youtap youtap career download youtap youtap bandung




 

Restoran biasanya akan mengandalkan keunikan dari desain eksterior dan interiornya, dari nama menunya, setting ruangan, model pelayanan, fasilitas penjunjang, dan lain sebagainya yang intinya membuat pelanggan betah. Tapi yang paling utama dan perlu diperhatikan juga adalah menu yang tersaji sudah enak dan lezat kah? Bisa ditarik kesimpulan, jika ingin menarik minat pelanggan  dalam membuka bisnis restoran adalah unik dan enak.

 

Disinyalir dalam sebuah tulisan yang membahas Pangsa Pasar Bisnis Resto Masih Terbuka lebar dari ciputraentrepreneurship.com, jika anda ingin berbisnis restoran perhatikan hal-hal berikut ini:

 

Memakai Bahan Makanan yang Unik

 

Apakah anda sudah survey restoran yang ada di sekeliling tempat tinggal? Menu apa saja yang disajikan dan jenis masakan spesifik apa yang sudah dijajakan? Jika semuanya hampir sama, maka sebaiknya anda pilih menu yang berbeda. Bukan anda tidak siap akan kerasnya persaingan, tetapi kita harus memilih bahan makanan yang unik, untuk mudah dikenali. Di Bali, ada restoran yang hanya menyajikan bahan makanan strawberry. Jadi menu yang ditawarkan berbahan dasar strawberry, dari nasigoreng strawberry, sup straweberry, pun penutupnya menggunakan bahan strawberry. Siapa yang tidak penasaran bukan? Apalagi kalau menu masakannya pas di lidah, pasti membuat pelanggan yang pernah mencicipi akan kembali lagi.

 

Menggunakan Nama Unik dalam Menciptakan Brand

 

Warung makan bude saya bernama, ‘Warung Makan Riwayati’, toko kelontong milik mertua bernama ‘Wilastri’, kebanyakan memang menggunakan nama pemiliknya. Tapi kalau dirubah jadi ‘Rumah Makan Bhuto ijo’, “Restoran Wiro Sableng’, apa yang ada dalam benak anda? Aneh, dan membuat penasaran karena namanya yang unik.  Ini baru nama brand, belum lagi dalam penamaan menu. Pernah mendengar menu sambel iblis? Sate Jenglot? Bakso Astagfirullah, Es Teler Bidadari? Dan lain sebagainya.

 

Tetapi harus dibarengi juga dengan sesuatu yang special, seperti berita yang pernah saya lihat di televisi ada menu dengan judul ‘Bakso Astagfirullah’, ini karena ingin menciptakan trend bakso yang berbeda. Karena persaingan yang ketat, pemilik merasa perlu membuat sesuatu yang baru. Bakso astagfirullah ini bakso dengan ukuran yang besar, setiap kali orang melihat kaget dan mengucapkan astagfirulla. Jadi buatlah pengunjung tergelitik.

 

Konsep Tempatnya Unik

 

            Tidak dipungkiri setiap kali anda ataupun saya sendiri ketika mengunjungi sebuah rumah makan, pasti ingin memilih dengan suasana yang berbeda. Unik, dilengkapi furnitur, dan kebaharuan yang nggak semua rumah makan punya. Di Malaysia dari blog Mba Fany yang pernah saya baca, dia makan siang di atas gedung paling tinggi di sana. Pas lihat gambarnya, ngeri-ngeri sedap. Di Thailand, ada restoran yang dibangun di atas ohon, di Amerika restoran yang furniturnya dari rongsokan mobil, dan lain sebagainya. Buat rumah makan anda berbeda, agar mudah untuk dikenal.

 

Unik dalam Hal Pelayanan atau Service

 

            Kalau restoran bintang lima, biasanya akan menyediakan pertunjukan memasak di depan pengunjung langsung. Dengan begitu mereka akan sangat terpukau, dengan pelayanan yang diberikan. Bisa juga dengan melakukan promo menarik, games seru, atau wajib memakai pakaian adat, dan bisa keunikan yang lainnya. Jaman sekarang yang unik-unik mudah sekali menjadi viral.

 

Keunikan dalam Pencatatan Keuangan

 

            Jika metode dari awal sudah diterapkan, dan membuat restoran anda sukses karena keunikan dan rasa, pun diskon yang diberikan. Yang paling penting selain hal tersebut, adalah pencatatan transaksinya tertulis dengan lancar. Jangan berkecil hati, saat ini sudah ada Aplikasi Restoran yang akan membuat anda tidak lagi pusing mengurus masalah keuangan, transaksi, pembayaran dan lain sebagainya. Karena sudah ada Youtap, aplikasi restoran yang bikin aman.



 

Mengenal Youtap Lebih Dekat

 



youtap karir youtap apk daftar youtap logo youtap manfaat youtap youtap career download youtap youtap bandung



 

Youtap merupakan platform, dan aplikasi sebagai solusi digital untuk semua bisnis dan perusahaan. Menghadirkan berbagai transaksi digital terkini kepada mitra agar lebih baik dalam melayani konsumen. Youtap banyak menawarkan solusi layanan digital yang lengkap, dalam membantu semua pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya yang dilakukan setiap hari.

 

Dengan menggunakan Youtap untuk restoran, anda akan dengan mudah menerima pesanan pelanggan dengan 1 klik saja. Soalnya aplikasi restoran Youtap ini memudahkan proses pemesanannya, ada tampilan yang dikemas dengan menarik dan gampang digunakan. Pelanggan jadi nggak terlalu lama menunggu lama untuk menahan lapar.

 

Untuk mitra atau pengusaha sendiri, Youtap akan semakin memudahkan dalam pelaporan dan analisa penghaslan. Fitur yang disediakan juga banyak, ada input katalog, scan barcode, pembayaran bisa tunai dan non tunai, ada fitur kalkulator, dan lain sebaginya.

 

Positifnya fitur pencatatan laporan penjualan ini, akan membuat anda mengenali usaha mana yang paling tinggi pendapatannya. Untuk produk yang penjualannya rendah, otomatis bisa dipersiapkan strateginya agar bisa naik juga. Semoga setelah menggunakan Youtap, usaha yang digeluti makin sukses ya! Semoga bermanfaat postingan artikel ini, salam.




youtap karir youtap apk daftar youtap logo youtap manfaat youtap youtap career download youtap youtap bandung


0 komentar:

Posting Komentar