Sabtu, 06 Februari 2021

Pilih Deposito atau Tabungan?

 

Pilih Deposito atau Tabungan - Ketika memilih produk perbankan, sering kali dita dihadapkan dengan pilihan yang membuat galau. Baik depositi mauun tabungan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, semua kembali kepada kebutuhan anda.

 


Yang perlu anda pahami kembali adalah bahwa produk simpanan berjangka / tabungan itu merupakan simpanan bank yang bisa ditarik sewaktu-waktu ketika dibutuhkan, sedangan Deposito adalah produk bank yang terasuk dalam kategori produk investasi. Sehingga tidak bisa langsu ditarik untuk kebutuhan mendadak.

 

Tabungan seperti yang kita ketahui, di dalam sistem perbankan ada dua macam yaitu tabungan konvensional dan tabungan syariah. Sedangkan deposito kalau dalam syariah menggunakan sistem mudharabah atau bagi hasil, dan di sistem perbankan syariah harus ada akad di awal sehingga jelas apa saya yang akan didapatkan nasabah nantinya.

 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa pernjelasan mengenai karakteristik tabungan dan deposito.

 

1. Bunga Deposito Lebih tinggi dari Bunga Bank

 

Pada sistem perbankan, perbedaan antara bunga bank dan bunga deposito adal hal pembeda yang sangat jelas. Keuntungan finansial dari hasil menyimpan uang di bank akan lebih besar ketika seseorang menyimpannya dalam bentuk deposito.

 

Untuk bungan tabungan misanya, bungan yang ditawarkan ada diantara 0,0% hingga 1% per tahun. Kalaupun lebih banyak lagi tentunya tidak jauh-jauh dari itu. Sedangkan buunga yang ditawarkan untuk depositto bisa mencPi  3% hingga 5% per tahun. Hal ini lah yang menjadikan bahan pertimbangan seseoang memilih produk perbankan deposito daripada tabungan.

 

Untuk produk deposito perbankan ada pula yang memberikan pilihan fitur pembaruan seperti Principal Roll Over only (Jumlah pokok deposito yang diperpanjang) atau Principal + Interest Roll Over (Jumlah pokok deposito dan suku bunga yang diperpanjang).

 

Kenyamanan Penarikan dana

 

Selain bungan yang besar, beberapa orang juga memiliki prioritas tersendiri untuk menyimpan uangnya di bank, salah satunya mengenai fleksibilitas pengambilan uang. Jika memiliki tabungan, itu sama halnya ketika anda membawa dompet, Ketika anda membutuhkan dana cepat, anda bisa langsung menariknya saai itu juga. hal ini yang menjadi perbedaan besar antara deposito dan tabungan. Sebab, jika yang anda miliki adalah deposito, anda tidak bisa  menarinya sewaktu-waktu.

Dengan memilih deposito, Anda perlu menunggu masa jatuh tempo barulah uang deposito bisa diambil. inilah mengapa Depoito juga lebih dikenal dengan nama investasi, karena ada jangka watu yang harus dilalui agar dana bisa diambil. Jangka waktu depositu bervariatif, antara 1 hingga 1 bulan. Jika tabungan, anda bisa mengambil uang hari itu juga saat anda butuhkan. Jadi sebaiknya jika anda ingin menaruh uang anda di deposito, pastikan anda memiliki dana yang siap dipakai mendadak, karena depositu tidak bisa diambil secara memdadak.

 

Di masa pandemi ini, perbankan juga banyak berinovasi untuk memudahkan nasabah melakukan kegiatan perbankan. Bahkan banyak bank ynag menyediakan aplikasi untuk menabung secara online ataupun membuka deposito online. Dengan beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut anda bisa menimbang apakah ingin menabung atau membuta deposito. Semuanya kembali kepada apa yang ingin anda prioritaskan. Smeoga informasi inibermanfaat, kalau saat ini apakah anda sudah memiliki deposito? Akda bisa share pengalaman di kolom komentar ya. Terima kasi.

0 komentar:

Posting Komentar