6 Tips Memilih Laptop Second Murah Berkualitas

 

6 Tips Memilih Laptop Second Murah Berkualitas - Apakah anak Anda merengek-rengek agar mendapatkan laptop? Saat ini laptop sudah termasuk kebutuhan primer bagi para pelajar dan mahasiswa. Namun jika anggaran agak terbatas, triknya adalah membeli laptop bekas karena harganya dijamin lebih terjangkau daripada yang masih baru. Anda pun mencari tips memilih laptop second agar mendapatkan barang yang murah tetapi kondisinya masih bagus.




tips membeli laptop bekas untuk mahasiswa tips membeli laptop bekas online merk laptop bekas yang bagus
6 Tips Memilih Laptop Second Murah Berkualitas


Ini Dia Tips Memilih Laptop Second, Mudah Banget!


Berikut ini beberapa cara agar Anda mendapatkan laptop bekas yang murah tetapi spesifikasinya cukup baik:


1. Pilih Merek yang Valid


Saat akan membeli di toko komputer online termurah maka pastikan Anda memilih merek gawai yang valid. Mereknya terkenal dan sudah banyak dicari oleh orang, dan kualitasnya tak diragukan lagi. Ada berbagai merek laptop  yang benar-benar top dan meski kondisinya second, bagian dalamnya masih cukup prima.

Jangan asal pilih merek karena jika laptop error Anda akan kesulitan untuk memperbaikinya atau mencarikan spare part-nya, karena persediaannya sangat susah di Indonesia. Meski laptop bekas dengan merek A sedikit lebih mahal daripada merek B tetapi pilih saja. Penyebabnya karena merek A lebih valid dan populer di negeri ini.


2. Cek Tahun Laptop


Untuk membeli laptop second maka yang harus dilihat adalah tahun keluarannya. Jangan asal beli yang harganya sangat miring lalu ternyata gawainya sudah berusia lebih dari 4 tahun. Sebuah laptop rata-rata akan menurun performanya pada tahun ke-4 dan selanjutnya. Oleh sebab itu carilah tahun launching laptop dan usahakan usianya tidak terlalu tua (misalnya hanya setahun).


3. Minta Video Pemakaian Laptop


Tips memilih laptop second yang selanjutnya adalah dengan meminta video pemakaian gawai tersebut. Penyebabnya karena gadget tidak Anda pegang sendiri karena dibeli di dunia maya. Untuk meyakinkan kondisi laptop bekas tersebut, maka pastikan penjual merekam saat memakai gadget dan Anda akan percaya bahwa benda itu masih berfungsi dengan sangat baik.


4. Periksa Software yang Dipakai


Software apa yang dipakai di dalam laptop second yang akan Anda beli? Pastikan perangkat lunaknya asli (bukan bajakan) karena yang palsu akan bermasalah di kemudian hari. Untuk lebih amannya, belilah laptop dengan software yang digratiskan oleh pembuatnya, agar Anda menggunakannya dengan mudah dan tidak pusing saat ada virus atau problem yang lain.


5. Pastikan Semua Bagian Laptop Masih Berfungsi


Anda harus menghafal tips memilih laptop second yang satu ini: pastikan semua part laptop masih berfungsi dengan baik. Mulai dari layar, keyboard, speaker internal, sampai kabel charger masih bisa digunakan. Jangan nekat beli laptop yang keyboard atau bagian lain sudah rusak karena Anda butuh uang lagi untuk memperbaikinya dan merupakan sebuah keborosan anggaran.


6. Apakah Ada Service Center di Kota Anda?


Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop bekas maka pastikan ada pusat servis resmi di wilayah Anda. Jangan sampai gawai yang dibeli ternyata punya service center di ibu kota, yang jauh sekali dari daerah Anda. Oleh karena itu wajib untuk survey terlebih dahulu mengenai merek dan pusat servisnya, jangan terlalu impulsive dalam membeli laptop bekas.

Untuk mendapatkan gawai bekas berkualitas maka sangat wajib mematuhi tips memilih laptop second dan di antaranya belilah gadget bermerek terkenal dan punya service center di kota/kabupaten Anda. Selain itu pastikan laptop punya perangkat lunak yang resmi dan semua fiturnya masih berfungsi. Jika ingin beli laptop berkualitas, klik saja situs DatascripMall.ID karena di sana adalah marketplace yang menjual laptop terbaik dan dijamin semuanya original. Dapatkan juga perlengkapan kantor dan PC di sana.



Sumber artikel:

1. https://tekno.kompas.com/read/2023/01/08/17150097/10-tips-membeli-laptop-bekas-agar-tidak-tertipu?page=all
2. https://mamikos.com/info/tips-yang-harus-diperhatikan-saat-membeli-laptop-bekas/
Sumber foto: https://unsplash.com/photos/1SAnrIxw5OY

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Member BPN

Member BPN

@nyipedesouvenir


KEB

Gandjel Rel

Komunitas Blogger Kendal
Seedbacklink