Anies Baswedan: Partai-partai Berpotensi Mendapat Perlakuan tidak Fair

Anies Baswedan: Partai-partai Berpotensi Mendapat Perlakuan tidak Fair - Nama Anies Baswedan kembali mencuat berkaitan dengan pernyataannya yang mengomentari ucapan Presiden Joko Widodo yang akan cawe-cawe dalam urusan negara. Istilah cawe-cawe menurut Bahasa Indonesia berarti terlibat. Maksud yang tersirat dari pernyataan tersebut bahwa kepala negara akan melibatkan diri dalam urusan kenegaraan.




Salah satu pesta besar yang akan berlangsung di Indonesia tahun depan adalah pemilihan presiden dimana Anies akan maju mewakili Koalisi Pembaharuan untuk Persatuan. Dari pernyataan Jokowi tersebut banyak menimbulkan kekhawatiran terhadap prosesi pemilihan presiden dan pesta demokrami mendatang.


Partai Berpotensi Mendapat Perlakuan tidak Fair


Dalam pernyataannya, Anies Baswedan menyampaikan bahwa keterlibatan presiden dalam urusan negara tersebut menjadikan banyak pemikiran di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah partai-partai akan mendapat perlakuan tidak fair.

Intimidasi dan kriminalitas bisa saja dilakukan oleh berbagai pihak untuk menjatuhkan lawan dan memenangkan calonnya. Sedangkan seharusnya semua partai, calon presiden dan legislatif mempunyai kebebasan yang sudah diatur oleh undang-undang.

Untuk mensukseskan pesta demokrasi tersebut seharusnya semua bisa menjalankan prosedur sejak awal dengan baik berdasarkan ketentuan. Pihak yang terlibat dalam pemilihan, mulai dari penyelenggara, partai, calon legislatif hingga calon presiden dan wakil presiden seharusnya menjalankan fungsinya dengan rasa aman dan nyaman.

Baik partai, caleg, maupun capres dan cawapres seharusnya bisa menjalankan kampanye sesuai jadwal yang disiapkan penyelenggara. Namun adanya pernyataan cawe-cawe menimbulkan banyak persepsi, yang menimbulkan kekhawatiran adanya intimidasi, penjegalan dan tindakan tidak menyenangkan lainnya.

Meskipun ada pernyataan tegas yang mengindikasikan adanya sikap tidak netral pada pemilu mendatang dari pimpinan negara, namun Anies tetap berharap pesta demokrasi berjalan dengan baik.

Tokoh politik satu ini menyampaikan harapannya agar penyelenggara juga bisa menjalankan tugasnya dengan fair, netral dan baik. Lebih lanjut Anies mengungkapkan keinginannya agar kekhawatiran yang sempat muncul pada berbagai pihak tidak menjadi kenyataan dan pesta demokrasi berlangsung secara jujur dan adil.


Agenda dasar Koalisis Pembaharuan untuk Persatuan


Calon presiden yang sudah siap maju di tahun 2024 mendatang ini menyampaikan apapun yang terjadi, saat ini timnya di Koalisi Pembaharuan untuk Persatuan tetap komitmen pada agenda dasar yang cukup banyak.

Agenda dasar tersebut merupakan PR yang perlu penanganan dan harus segera diselesaikan agar masyarakat bisa sejahtera. Beberapa masalah yang harus diatasi berupa tingkat kemiskinan, kesenjangan, keadilan yang belum merata serta ketersediaan lapangan pekerjaan.

Pihaknya akan tetap fokus pada tema-tema tersebut yang akan menjadi pekerjaan utama untuk diselesaikan. Apa yang menjadi fokusnya tersebut merupakan hasil diskusi dengan tim yang mendukungnya.

Anies juga meminta kepada tim sukses, pendukung dan koalisi yang mengusungnya serta semua kader untuk terus bekerja keras melakukan yang terbaik. Selain itu juga berikhtiar melakukan yang terbaik dengan semangat.

Lelaki alumni dari Fakultas Ekonomi UGM ini menggarisbawahi sikap yang harus dilakukan oleh tim, kader partai dan relawan, yaitu agar menjaga sikap optimis, semangat dan soliditas. Semua sikap tersebut demi perubahan Indonesia menuju kondisi yang lebih baik.

Selain itu Anies juga berharap agar pesta demokrasi lima tahunan yang berlangsung bisa menjadi tempat untuk beradu gagasan, rekam jejak dan program kerja. Dengan demikian persaingan akan fair. Masyarakat juga bisa memilih kandidat terbaik sesuai dengan potensi dan kemampuannya tanpa ada campur tangan pemerintah yang mengintervensi.

Anies Baswedan menaruh harapan, pesta demokrasi nanti berjalan lancar dan semua terlibat secara positif untuk membawa perubahan yang lebih baik. Masyarakat pun bisa menggunakan hal pilik sesuai hati nurani tanpa cawe-cawe pemerintah.

 

Sumber:


https://sumbawanews.com/berita/ada-potensi-kecurangan-dan-penjegalan-anies-respon-jokowi-cawe-cawe-dalam-pilpres-2024/
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230530161139-32-955870/anies-respons-cawe-cawe-jokowi-cemas-potensi-kecurangan
https://www.cnbcindonesia.com/news/20230530165237-4-441906/anies-tanggapi-jokowi-cawe-cawe-singgung-potensi-kecurangan

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Member BPN

Member BPN

@nyipedesouvenir


KEB

Gandjel Rel

Komunitas Blogger Kendal
Seedbacklink