Anies Baswedan Pertanyakan Kenapa Pengecekan Rumput oleh Kontraktor Rumput

Nama Anies Baswedan sebagai tokoh politik semakin banyak dikenal oleh masyarakat. Terlebih sejak mengumumkan sebagai kandidat presiden untuk pemilihan di tahun 2024 mendatang. mantan gubernur DKI ini mencalonkan diri dengan dukungan partai Demokrat, PKS dan NasDem. Namun jalannya tidak selalu mulus. Banyak pihak yang mempolitisir berbagai hal untuk menjatuhkannya. 





Baru-baru ini, isu yang paling banyak menyita perhatian adalah adanya pihak yang mempertanyakan kualitas dari JIS atau Jakarta International Stadion yang dibangunnya di Jakarta ketika menjabat sebagai gubernur DKI. Proses pembangunannya sendiri sudah lama dimulai. Karena saat ini pencalonannya banyak menyita perhatian publik, ada pihak yang menganggkat masalh JIS. 


Benarkah JIS tidak Memenuhi Standar FIFA


JIS merupakan salah satu stadion yang masuk kelompok 10 termegah di dunia. Tidak heran jika FIFA atau federasi sepak bola dunia memilihnya sebagai tempat penyelenggaraan piala dunia untuk kelompok U 17 bulan November 2023 mendatang. 

Kepercayaan ini rupanya dipelintir oleh sebagian pihak untuk menyudutkan Anies Baswedan. rumor yang diangkat mengenai kualitas rumput yang digunakan, juga fasilitas pendukung lainnya. Sebagai tokoh politik, Anies sudah bersiap untuk menghadapi semua masalah seperti yang datang dari kubu lawan maupun pihak yang tidak mendukungnya. 

Pemerintah menyampaikan bahwa kualitas JIS belum layak sebagai tempat untuk berlangsungnya pertandingan tingkat dunia, karena itu perlu dilakukan renovasi. Hal ini yang memicu banyak reaksi. Isu mengenai kualitas rumput JIS sebagai salah satu bentuk kegagalan Anies selama menjabat gubernur DKI dirasa terlalu berlebihan. 

Anies yang merupakan tokoh politik kharismatik ini dengan legowo menyampaikan silahkan jika akan merenovasi JIS karena stadion tersebut merupakan milik masyarakat, bukan milik pribadinya. Namun tentunya prosesnya harus benar. 

Saat ini kabar yang beredar, untuk renovasi, khususnya mengganti rumput membutuhkan dana lebih dari 1 M. Tentu anggaran tersebut tidak sedikit yang sebenarnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan negara lainnya. Namun sebagai warga negara yang baik, Anies mempersilahkan jika akan dilakukan pemugaran untuk persiapan piala dunia. 


Kenapa Pengecekan Rumput oleh Kontraktor Rumput?


Salah satu pertanyaan yang menggelitik adalah kenapa pengecekan kualitas rumput dilakukan oleh kontraktor, bukan pihak yang berkompeten dengan standar stadion. Ini yang janggal dan menimbulkan banyak pertanyaan. Kontraktor rumput tentunya mempunyai kepentingan untuk mendapatkan job sehingga jika dipercaya melakukan pengecekan bisa saja tidak sesuai ketentuan. 

Anies juga menyampaikan bahwa sebenarnya yang mengetahui standar kualitas rumput untuk stadion tersebut adalah FIFA. Seharusnya penilaian dilakukan oleh perwakilan FIFA sehingga mengetahui pasti kriteria dan standar yang harus terpenuhi. Kejanggalan ini membuat penasaran banyak orang untuk mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh pemerintah. 

Belum lagi ucapan dari perwakilan pemerintah yang terkesan arogan. Menurut yang bersangkutan, apabila FIFA datang dan melihat kondisi rumput di JIS dipastikan akan mencoret Indonesia dari daftar penyelenggaraan piala dunia U 17 tersebut. Hal ini tentu sangat menyudutkan Anies dengan menggiring opini bahwa kinerjanya selama menjabat sebagai gubernur kurang baik. 

Dalam pemahaman dunia politik, ini merupakan salah satu trik untuk menjatuhkan Anies Baswedan sebagai kandidat yang akan maju mencalonkan diri sebagai presiden RI. Dalam dunia politik hal seperti ini memang sering terjadi, namun masalah rumput JIS terlihat sangat arogannya salah satu pihak. 

Menanggapi hal ini, Anies Baswedan tetap tenang dan tidak terpancing. Pernyataannya kenapa yang mengecek rumput dan memberikan rekomendasi bukan pihak terkait, yaitu FIFA, tetapi justru pihak luar yang mempunyai kepentingan bisnis. 


Sumber pendukung artikel:


https://lancarjayaa.com/rumput-stadion-jis-dituding-tidak-sesuai-standar-fifa-oleh-kontraktor-rumput-golf-kok-bisa/
https://disway.id/read/711502/komentar-santai-anies-baswedan-saat-erick-thohir-ributkan-rumput-jis/15
https://dekoryuk.com/adilkah-rumput-jis-diperiksa-oleh-kontraktor-rumput-bukan-fifa/

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Member BPN

Member BPN

@nyipedesouvenir


KEB

Gandjel Rel

Komunitas Blogger Kendal
Seedbacklink