Resensi Buku Anak Baju Baru Mimi: Seri Buku Ramah Cerna


Resensi Buku Anak Baju Baru Mimi, Seri Buku Ramah Cerna - Membaca buku anak Indonesia itu sangat menyenangkan, apalagi kalau bisa diulang-ulang dibacakan kepada anak. Saya baru saja menamatkan bacaan buku berjudul Baju Baru Mimi, seri dari Buku Ramah Cerna. Ceritanya sangat sederhana tapi membuat saya mencerna.


buku anak pdf buku anak indonesia buku anak online gratis
buku anak indonesia


 

Buku anak Baju Baru Mimi diulis oleh Maria Angela Andriono dan ilustrator oleh Marietta Efan. Diterbitkan penerbit Kanisius, dengan jumlah 20 halaman. Singkat tapi bermakna.

 

Saya mengakses buku anak Baju Baru Mimi, dari aplikasi Gramedia Digital langganan saya jadi buku anak pdf bentuknya. Buku ini dirilis pertama kali tanggal 06 Oktober 2023, jadi tergolong buku gres alias baru banget dan masih anget.

 

Premis singkatnya mengisahkan perjalanan Mimi ketika sedang di luar rumah, ia melihat baju baru di etalase toko dan ia ingin memilikinya. Bisa kah? Yuk baca selengkapnya blurbs dan review buku Baju Baru Mimi, di sini ya!

 

 

Detail Buku Anak Baju Baru Mimi: Seri Buku Ramah Cerna

 

  • Judul                : Baju Baru Mimi
  • Penulis             : Maria Angela Andriono
  • Ilustrator           : Marietta Efan
  • Tanggal Rilis   : 06 Oktober 2023
  • Media Baca     : Gramedia Digital
  • Format : PDF
  • Jumlah Halaman : 20 Halaman
  • Harga              : Rp35.000
  • Penerbit : Kanisius

 

Blurbs Buku anak Baju Baru Mimi

 

Mama ada ide seru! kata Mama saat Mimi ingin baju baru yang aada di etalase toko. Kira-kira bagaimana cara Mama dan Mimi mendapatkan baju baru?

 

Yuk, ikuti kisah Baju Baru Mimi. Melalui cerita ini anak diajak untuk berlatih berpikir kreatif dan solutif. Selain itu, anak juga belajar membaca dua suku kata terbuka (seperti: pita, topi)

 

 

Review Buku Anak Baju Baru Mimi: Seri Buku Ramah Cerna

 

Baju Baru Mimi, merupakan seri buku ramah cerna, yang serinya masih ada 3 judul lagi, adalah Kacamata Opa Bangau, Sekar Pergi ke Dokter Gigi, dan satu lagi Gaga&Unti Berteman.

 

Saat membaca halaman pertama buku anak Baju Baru Mimi, kita akan disuguhkan secara langsung gambar Mimi dan Mama yang sedang berada di luar rumah. Sepertinya mereka habis bepergian, atau bisa jadi dari rumah Nenek. Nah, Mimi melihat etalase toko di pinggir jalan, ada baju berpita di perut.

 

"Mama, aku mau itu. Baju baru yang ada pita," ucap Mimi sumringah.

 

Tetapi apa yang terjadi, Mama melihat dompetnya, yang lembaran uangnya habis. Mama jadi khawatir. Eh sedetik kemudian Mama punya ide. Apakah ide tersebut ya?

 

Mama mengajak Mimi pulang, dan di rumah Mama memperlihatkan gantungan baju-baju kepada Mimi. Mimi tentu saja penasaran dan bingung, ia hanya melihat baju lama.

 

"Ini Baju lama Mama. Kita ubah jadi baju baru!" Ucap Mama memberikan pengertian kepada Mimi sambil tertawa.

 

Lantas Mimi melihat ada pita di sebelah rak gantung, di dalam kardus. Pita yang sangat diinginkan Mimi. Bergeraklah Mama membantu Mimi, dalam membongkar pasang baju lama dengan aksesoris Pita.

 

Selain pita Mama menanyakan kepada Mimi, ingin diberikan hiasan apa lagi dan Mimi memilih dasi. Aduh ... ada-ada aja si Mimi ya? Tapi bukan Mama dong kalau nggak ada segudang ide, hehehe ... Mama menyulap dasi Papa menjadi cantik pada baju yang sudah dipilih oleh Mimi.

 

Mimi juga ingin Topi, dengan diberikan hiasan ceri. Rame banget bakalan nih baju milik Mimi, ya kan? Khas anak-anak banget deh. Seperti apa penampakannya hasil recycle Mama? Keren deh pokoknya, dan teman-teman bisa baca dan melihat langsung ilustrasi keren dari buku anak 'Baju Baru Mimi'.

 

Pesan dalam Buku Anak Baju Baru Mimi: Seri Buku Ramah Cerna



buku anak pdf buku anak indonesia buku anak online gratis
buku anak pdf


 

Meski buku anak 'Baju Baru Mimi', memiliki lembar yang sangat singkat. Tapi pesannya benar-benar dapat. Yang paling mencolok adalah kita diingatkan supaya tidak membeli baju terus-terusan, mengapa? Karena sampah terbesar di Indonesia termasuk limbah fashion, yang didapatkan dari baju-baju yang kita miliki.

 

Bagaimana cara agar kita tidak menjadi penyumbang sampah tersebut? Make over baju yang nggak terpakai, dengan menambahkan aksesoris baru yang juga bisa didapatkan di rumah. Mama merombak baju lama, menjadi baju baru dan layak adu. Hebat deh Mama, ada yang memiliki Mama demikian? Cung! Saya, hehehe ...

 

Selain hal di atas, Mama dan Mimi membangun bonding yang makin erat, ikaan anak dan ibu menjadi semakin dekat dengan membuat baju bersama. Mimi terlihat bukan anak yang merengek harus dituruti permintaannya, tetapi ia adalah anak yang pengertian. Idaman banget deh. Dan anak-anak bisa belajar dari sini, tidak semua yang dimau harus diberikan.

 

Setelah Membaca anak-anak tidak lantas selesai, tetapi dalam buku Baju Baru Mimi: Seri Buku Ramah Cerna, ada lembaran 'Cari dan Temukan', dimana aktivitas ini mengajak anak-anak membantu Mimi menemukan apa yang sedang dia cari.

 

Ada juga lembar aktivitas untuk melakukan "Tebalkan garis putus', jadai ada beberapa gambar yang sengaja digambar terputur-putus, anak-anak diminta untuk menebalkannya. Gambarnya sesuai dengan yang tadi dalam cerita. Seru dan menyenangkan dong tentunnya.

 

Buku cerita anak, 'Baju Baru Mimi: Seri Buku Ramah Cerna' ditutup dengan biodata yang penulis dan ilustrator. Jadi kita makin mengenal siapa yang nulis dan menggambar.

 

 

Sumber pendukung artikel

 

https://ebooks.gramedia.com/id/buku/baju-baru-mimi-seri-buku-ramah-cerna
https://penerbitan.kanisiusmedia.co.id/books/baju-baru-mimi/

 

Postingan Terkait

8 komentar:

  1. Bahan bacaan anak yang sangat cocok nih ya. Mengandung banyak pelajaran untuk Anak, termasuk etika dan karakter baik nya ya...

    BalasHapus
  2. Meskipun udah gak ada anak kecil, tapi saya juga masih suka baca buku anak. Karena memang menyenangkan banget. Apalagi kalau ilustrasinya bagus.

    BalasHapus
  3. Buku dengan topik yang menarik. Kebetulan aku termasuk orang yang jarang beli baju, jadi baju di rumah dimaksimalkan sebisa mungkin agar terpakai. Begitu juga dengan baju anak-anak. Kami nggak akan beli baju kecuali emang ada alasan mendesak (baju udah kesempitan, rusak, dll). Buku ini bisa jadi sarana edukasi anak-anak soal sampah fast fashion.

    BalasHapus
  4. Buku aktivitas seperti Buku Anak Baju Baru Mimi ini bikin happy ya..
    Selain visualnya juga ada lembar aktivitasnya. Jadi anak aktif membaca dan mengerjakan worksheet dengan bahagia.

    BalasHapus
  5. Ah, ceritanya bagus banget untuk zaman sekarang. Aku juga masih sering lupa diri kalau beli beli baju. Enak sih ya kalau bisa bikin baju sendiri kayak gini, kita jadi bisa upcycling baju-baju lama jadi baju baru deh. Di buku ini akhirnya anak pun bisa mengikuti mimi untuk membuat baju baru dari baju yang sudah ada :D

    BalasHapus
  6. makin banyak buku cerita anak yang ada aktivitasnya seperti ini ya, selain menghibur, pastinya mendidik juga.

    BalasHapus
  7. makasih rekomendasinya, mbak. aku juga sekarang langganan gramdig buat bacain buku anak ke anak-anakku soalnya banyak banget pilihannya di sana

    BalasHapus
  8. Wah anakku penyuka buku nih. Pengen juga punya buku ini dan baca bareng anakku, pasti dia suka banget.

    BalasHapus