Review Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga


Review Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga - Selamat tahun baru teman-teman, yuk sambut tabun baru dengan review buku PDF yang saya baca, berjudul '50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga'.


Review Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga
Review Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga


 

Review buku PDF online '50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga' saya baca melalui gramedia digital dan ditulis langsung oleh ahli sekaligus dokter dibidangnya Prof.Dr.dr.Anies,M.Les,PKK.

 

Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga diterbitkan oleh penerbit Kanisius dan sudah rilis sejak 9 Mei 2029. Sudah cukup lama ya, tapi tidak ada salahnya untuk dibaca sekarang karena bagaimanapun sehat adalah sebuah kebutuhan. Bayangkan jika kita tidak sehat, ah, mau apa-apa rasanya susah untuk bergerak ya kan?

 

Salah satu cara menjaga kesehatan ya dengan berolahraga, tapi kalau ilmu olahraga kita cetek, kenapa tidak disiasati dengan membaca buku ya kan? Tahun udah berganti masak masih malas aja sih baca buku? Yuk ah, bikin resolusi bangun kebiasaan baik di tahun ini.

 

Prof.Dr.dr.Anies,M.Les,PKK mengungkapakan bahwa buku yang ditulisnya ini akan menguraikan tentang olahraga kesehatan dan program yang baik untuk orang dewasa. Kan? Nggak ada mudharatnya deh kalau baca buku. Yuk kepoin dulu deskripsi, kelengkapan buku, dan review buku '50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga', di bawah ini.

 

Detail Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga

 

Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga
Detail 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga

 

  • Judul : 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga          
  • Penulis : Prof.Dr.dr.Anies,M.Les,PKK        
  • Penerbit : Kanisius
  • Tanggal Rilis : 9 Mei 2019
  • Media Baca  : Gramedia Digital
  • Jumlah Halaman : 177 Halaman
  • Harga : Rp49.000
  • Format bacaan : PDF

 

 

Deskripsi Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga

 

Olahraga kesehatan sudah mulai dikenal di dalam masyarakat dan telah menjadi salah satu gaya hidup mereka untuk menjaga kesehatan, bahkan untuk menyembuhkan sebuah penyakit yang sudah lama dirasakan dengan program yang terencana. Buku Tips Menangkal Penyakit dengan Olahraga ini membahas keterkaitan berbagai jenis olahraga untuk menangkal penyakit-penyakit tertentu.

 

Misalnya olahraga kaitannya dengan penderita tekanan darah tinggi; penyakit jantung; penyakit kencing manis; gangguan tulang dan otot; gangguan kehamilan; sakit maag; stres dan sebagainya. Demikian pula kaitannya kewaspadaan dalam melakukan olahraga tertentu, karena pada hakikatnya olahraga dapat menimbulkan heat stroke maupun “tanda bahaya” lain yang harus diwaspadai. Dalam buku ini dibahas pula olahraga dalam kondisi tertentu, misalnya sewaktu sedang hujan, menderita haid, setelah sembuh dari sakit jantung, dan sebagainya. Terdapat pula beberapa ilustrasi contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari maupun yang muncul dalam praktik dokter terkait dengan olahraga kesehatan.

 

Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi panduan dalam kehidupan sehari-hari, bagi semua usia, sebagai upaya mengoptimalkan kondisi kesehatan

 

Review Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga

 

Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga
Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga


 

Jujur tidak ada yang mubazir isi dari buku '50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga', yang ditulis oleh Prof.Dr.dr.Anies,M.Les,PKK ini. Apalagi menyangkut soal kesehatan. Ada 8 bagian yang dikelompokan.

 

  • Bagian 1 mengulas tentang; persiapan sebelum melakukan olahraga
  • Bagian 2 membahas ; olahraga untuk kebugaran
  • Bagian 3 mengulas ; olahraga ringan tanpa bantuan alat
  • Bagian 4 mengulas tentang; olahraga untuk penderita penyakit tertentu
  • Bagian 5 mengulas tentang; olahraga untuk tujuan tertentu
  • Bagian 6 mengulas tentang; permasalahan perempuan dalam berolahraga
  • Bagian 7 mengulas tentang; permasalahan umum berkaitan olahraga
  • Bagian 8 mengulas tentang; hal penting bagi para atlet

 

Bagaimana 8 bagian sub bab di atas? Penasaran ya kan? Di bagian satu ini, lebih kepada saran penulis melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Karena bisa membuat aliran darah lebih lancar dan kepekaan saraf menjadi baik. Tidak disarankan melakukan olahraga yang tiba-tiba, 'dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa jaringan' (halaman 17).

 

Bagian kedua membahas bagaiamana olahraga menjaga kebugaran, walaupun hanya melakukan olahraga aerobik dan latihan beban cukup dua hari sekali. Kesegaran juga bisa diraih hanya dengan melakukan olahraga raket, pecinta tenis nih. Karena olahraga raket ini berkaitan dengan petahanan jantung, peredaran darah, ketahanan otot, kekuatan, dan kelenturan. Kesegaran jasmani bisa didapatkan pada olahraga raket.

 

Nah saya mau menggaris bawahi pada bagian ke 6 malahan, soal olahraga dan permasalahan perempuan. Yang katanya olahraga bisa mempengaruhi payudara.

 

"Benarkah olahraga dapat memperbesar dan mengencangkan payudara, Dok?" (halaman 103).

 

Apa tanggapan Prof.Dr.dr.Anies,M.Les,PKK sebagai penulis? Bahwasannya secara anatomis payudara bukan tediri atas jaringan otot, maka mustahil bila suatu latihan dapat memperbesar payudara.

 

"Payudara terdiri atas kelenjar-kelenjar susu yang dipengaruhi oleh hormon tertentu. Terdapat pula jaringan lemak dan jaringan ikat dalam bentuk lembaran-embaran tipis yang disebut fascia. Sewaktu hamil misalnya, payudara akan membesar dan kencang karena pengaruh hormon. Di samping itu, besar kecilnya oayudara juga ditentukan oleh banyak sedikitnya jaringan lemak yang ada. Maka tidak mengherankan bila seseorang yang semula gemuk tiba-tiba menjadi kurus karena sesuatu, ukuran payudaranya pun ikut terpengaruh".

 

Faktanya yang tertulis dalam buku justru tidak semua atlet wanita suka dengan payudara besar? Mengapa? Kurang menguntungkan dalam beraktivitas fisik untuk olahragawan. Misalnya atlet renang, hal tersebut akan menyebabkan kesulitan dalam bergerak.

 

Belum lagi berolahraga apakah menganggu kelancaran haid, menganggu kehamilan? Jawabannya ada dalam buku '50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga'.

 

Setelah membaca buku ini, kyaaa ... betapa saya sangat tertampar karena kurangnya berolahraga. Ternyata aktivitas kegiatan di rumah, entah itu menyapu, angkat ember, ngepel, menyiram, bukanlah aktivitas yang dinamakan olahraga hehehe ... salahkaprah ya kan? Itu adalah aktivitas bergerak sodara-sodara.

 

Positifnya nih olahraga untuk ibu hamil justru disarankan, bukan malah alasan karena hamil khawatir menganggu janin dalam kandungan. Kecuali dalam catatan dari dokter, bahwa kehamilannya menderita tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Kalau kehamilan tidak ada masalah sangat disarankan ibu hamil melakukan olahraga.

 

Kebanyakan ibu hamil mengalami gangguan rasa sakit atau nyeri pada punggung bagian bawah, olahraga dapat mengurangi keluah ini meski tidak bisa dihilangkan sama sekali.  

 

Paling kekurangan dalam buku '50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga' ini adalah kurangnya gambar kali ya. Misalnya ilustrasi-ilustrasi agar pembaca menangkap lebih apa yang disampaikan sih. Selebihnya semua yang tertulis sangat membantu banget untuk kita yang butuh memiliki tubuh sehat. Selamat membaca.


Kesimpulan

 

Buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga, karya Prof.Dr.dr.Anies,M.Les,PKK ini cocok untuk yang mengalami masalah lagi malas berolahraga.

 

Mengapa? Karena dalam buku ini akan mengingatkan kita betapa penting olahraga untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Istimewanya lagi olahraga itu tidak perlu dengan bantual alat berat kok. Jadi olahraga bisa dilakukan meskipun hanya dengan lari.

 

Bahkan olahraga juga bisa menghilangkan ketenganggan, stres, mengatasi gangguan tulang dan otot, dan lain sebagainya. Pokoknya nggak ada yang rugi kalau olahraga dilakukan dengan rutin. 

 

Untuk membeli bukunya bisa di sini:

https://tokopedia.link/nXck6ktK4Fb

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Member BPN

Member BPN

@nyipedesouvenir


KEB

Gandjel Rel

Komunitas Blogger Kendal
Seedbacklink