Review Buku Anak Aku Bangga Jadi Anak Muslim | Seri Islam Agamaku


Review Buku Anak Aku Bangga Jadi Anak Muslim - Selamat malam Teman-teman, sudah membaca apa hari ini? Alhamdulillah kemarin sudah menamatkan bacaan buku anak, tiga buku dan hari ini rencana menuliskan reviewnya satu persatu. Buku anak Gramedia digital yang akan saya ulas kali ini berjudul Aku Bangga Jadi Anak Muslim, yang ditulis oleh Syahruddin El-Fikri.


Review Buku Anak Aku Bangga Jadi Anak Muslim  | Seri Islam Agamaku
Aku Bangga Jadi Anak Muslim


Ceritanya tentang anak laki-laki yang bernama Alif, yang beragama Islam. Alif mengajak teman-teman sebagai pembaca mengenal keistimewaan Islam. Dari shalat, zakat, haji, puasa, dan jgua kasih sayang, kebersihan, dan juga kejujuran. Banyak sekali yang diulas dalam buku ini, meski halamannya sedikit khas bacaan buku anak SD.

 

 

Detail Buku Anak Aku Sayang Adik

 

 

Judul                : Aku Bangga Jadi Anak Muslim

Penulis             : Syahruddin El-Fikri

Ilustrasi           : Kancata Tata

Penerbit          : Republika Penerbit

Tanggal Rilis   : 05 June 2020

Media Baca     : Gramedia Digital

Jumlah Halaman : 32 Halaman

ISBN                 : 978-623-7458-777

Harga              : Rp45.000

 


Sinopsis Buku Aku Bangga Jadi Anak Muslim

 

 

Tahukah kamu keistimewaan Islam? Islam itu agama yang lengkap. Mengajarkan banyak hal, seperti shalat, zakat, haji, dan puasa. Islam juga mengajarkan kasih sayang, kebersihan, dan kejujuran. Masih banyak keistimewaan lainnya. Alif akan menemanimu mencari tahu keistimewaan itu. Dengan begitu kita akan bangga menjadi anak muslim.



Review Buku Anak Aku Bangga Jadi Anak Muslim  | Seri Islam Agamaku
Review Buku Anak Aku Bangga Jadi Anak Muslim  | Seri Islam Agamaku

 

Islam Adalah Agama yang Istimewa

 

 

Buku anak Islami berjudul Aku Bangga Jadi Anak Muslim, bercerita tentang anak laki-laki bernama Alif yang mengajak pembaca mengenal agama Islam. Di halaman 4 dan 5, tulisan besar berjudul 'Apa Itu Islam', mengawali pembuka buku ini.

 

Kata Islam asalnya dari bahasa Arab. Salama-Yaslimu-Islaman.

Artinya damai, patuh, atau tunduk.

Islam mengajarkan umatnya untuk patuh pada Allah

Selalu menjaga kedamaian

Jangan berbuat kerusakan!

Itu tidak terpuji.

Tugas umat Islam adalah ... Beribadah pada Allah. Berbuat kebaikan

(halaman 6)

 

Sub bab pertama penulis melalui Alif, memperkenalkan agama Islam beserta dengan dalil turunnya.

 

Selanjutnya Alif juga memperkenalkan Kitab Suci Umat Islam, ialah Al-Quran. Ajaran islam dibawa oleh nabi Muhammad Saw, di mana beliau adalah nabi Allah. Alif juga bertanya kepada pembaca, apakah sudah bisa membaca Al-Quran.

 

Alif sudah bisa, tapi belum lancar (halaman 11)

 

Cerita selanjutnya belajar tentang ibadah dalam agama Islam itu dibanguna tas lima tiang. Bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan aku (Muhammad) adalah rasul Allah. Mendirikan shalat, membayar zakat, mengerjakan haji dan berpuasa pada bulan Ramadhan. Yang mana kelima tiang tersebut adalah Rukun Islam. Ibadah-ibadah utama pemeluk agama Islam.

 

Penulis juga mengajarkan pembaca, rekomendasi buku anak ini untuk mengenal hari rayanya umat Islam. Adalah Idul Fitri dan Idul Adha. Dijelaskan pula bahwa umat Islam sebutan untuk muslim ialah sebutan untuk pria, sementara untuk perempuan dikenal dengan nama muslimah.

 

Walaupun agama Islam berasal dari Arab, tetapi penyebaran agama Islam ialah ke seluruh dunia. Jadi agama Islam itu untuk semua orang. Dalam buku Aku Bangga Jadi Anak Muslim, juga dijelaskan keistimewaan agama Islam yang mengajarkan kash-sayang pada orang tua, adik-kakak, dan kepada sesamanya.

 

Kita harus menyayangi orangtua

Tidak boleh durhaka kepada mereka

Karena merekalah kita ada.

(halaman 22).

 

Review Buku Anak Aku Bangga Jadi Anak Muslim  | Seri Islam Agamaku
Seri Islam Agamaku



Islam juga mengajarkan tolong-menolong kepada siapa saja, yang tertimpa kemalangan. Islam mengajarkan kebersihan, dan juga mengajarkan kejujuran. Tidak boleh berbohong, karena Allah tidak menyukai pembohong. Orang yang berbohong akan banyak ruginya.

 

Aku Bangga Jadi Anak Muslim, juga dilengkapi dengan kamus pintar anak muslim. Jadi anak-anak dapat belajar agama Islam dengan lebih detail. Membaca sekaligus belajar. Alhamdulillah saya sangat bersyukur banget, dengan membaca buku ini. Kembali diingatkan dengan hal-hal yang mungkin terlupa, terima kasih untuk penulisnya Syahruddin El-Fikri dan juga penerbit Republika. Semoga dari balik proses pembuatan buku, sampai dengan ke pembaca mendapatkan pahala dunia akhirat. Aamiin.

 

Nah, dari buku Aku Bangga Jadi Anak Muslim, anak-anak dapat belajar banyak hal mengenai agama Islam :

 

  • Dari anak-anak mengenal agama Islam
  • Mengenal Rukun Iman
  • Mengenal Keistimewaan agama Islam
  • Islam mengajarkan kasih sayang
  • Islam mengajarkan tolong menolong
  • Mengajarkan kebersihan
  • Mengajarkan kejujuran dan lain sebagainya.

 

            Aku Bangga Jadi Anak Muslim, rekomendasi buku anak yang pas untuk memperkenalkan agama Islam. Semoga reviewnya bermanfaat, dan kenalkan literasi membaca sedini mungkin yuk kepada anak-anak. Salam!


 Baca juga : 

Review Buku Anak Solo Kota Kelahiranku yang Indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar