Review Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude


Buku cerita anak 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude' akan mengisahkan cerita legenda Pangeran Amat Mude, yang terjadi di bumi Nanggroe Aceh Darussalam.

 

ringkasan cerita putra mahkota amat mude
ringkasan cerita putra mahkota amat mude



FYI (for your information) sejak tahun 2009 Nanggroe Aceh Darussalam, sudah resmi menggunakan nama Aceh. Di Aceh sendiri terkenal ada dongen pangeran yang setia, ya Pangeran Mude ini.

 

Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude, ditulis oleh Dian Kristiani dengan ilustrator Innerchild. Sudah bisa dipastikan, selain membaca cerita kita juga akan disuguhi dengan gambar-gambar yang menakjubkan.

 

Cerita legenda Aceh ini, buku yang berjudul 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude' diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer, pada 14 Agustus 2023.

 

Harga buku 'Pangeran Amat Mude' terbilang hemat dikantong cukup dengan membayar Rp35.000, kita sudah bisa mengenalkan dongeng pangeran yang setia dari tanah Aceh.

 

Saya membaca buku ini melalui aplikasi Gramedia Digital, dengan jumlah 36 halaman. Tidak berat dan sekali duduk. Kerennya lagi buku ini bilingual, jadi siapa saja yang membaca bisa belajar dua bahasa sekaligus.

 

Yuk baca kisah ringkasan cerita putra mahkota Amat Mude di sini, lengkap dengan deskripsi buku dan detail bukunya.

 

 

Detail Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude

 

Review Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude
Review Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude



  • Judul : Pangeran Amat Mude         
  • Penulis : Dian Kristiani   
  • Ilustrator : InnerChild
  • Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
  • Tanggal Rilis : 14 Agustus 2023
  • Media Baca  : Gramedia Digital
  • Jumlah Halaman : 36 Halaman
  • Harga : Rp35.000
  • Format bacaan : PDF
  • ISBN : 978-623-04-1371-1
  • Untuk jenjang usia : 4-6 tahun

 

 

Deskripsi Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude

 

 

Pangeran Amat Mude kecil diusir dari negerinya sendiri oleh pamannya yang merebut takhta. Namun, Pangeran Amat Mude tak menyerah. Ketika dewasa, dia bertekad merebut kembali takhtanya. Pamannya yang licik pun memberikan syarat yang mustahil. Akankah Pangeran Amat Mude berhasil melaksanakan syarat dari pamannya itu?

 

 

Review Buku Anak Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude

 

Buku anak untuk jenjang usia 4-6 tahun berjudul 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude' mengisahkan cerita rakyat Aceh mengenai Pangeran Amat Mude dari Negeri Alas.

 

Bahwa Ratu dan Raja sudah lama ingin memiliki anak bertahun-tahun, dan akhirnya mereka mendapatkan seorang bayi yang tampan. Rakyat pun menjadi senang, dan Raja mengadakan sebuah pesta.

 

"Seluruh penghuni Negeri alas boleh datang baik yang hidup di daratan, udara, maupun lautan. Semua boleh datang," perintah Raja Alas.

 

Raja mengajari Pangeran Amat Mude dengan penuh semangat, banyak hal dipelajari oleh pangeran yang sangat cerdas tersebut. Dari berburu, menebang pohon, menombak ikan, dan lain sebagainya.

 

Berita sedih datang, ketika usia sepuluh tahun Raja Alas meninggal. Ratu sangat sedih demikian juga dengan Pangeran Amat Mude yang kehilangan sosok ayah baginya. Ditambah lagi tahta direbut oleh adik Raja.

 

"Kamu masih terlalu kecil untuk memimpin kerajaan!" kata adik Raja pada Pengeran Amat Mude. "Nanti kalau kamu sudah besar, kamu boleh mengambil takhta ini," janji adik Raja. (halaman 11)

 

Sayangnya janji tersebut tidak ditepati, Pangeran dan Ratu bahkan di buang ke hutan. Merkea berdua hidup dan menetap di hutan pada sebuah rumah kayu yang lapuh. Luar bisanya lagi seorang pangeran tidak pernah mengeluh, justru ia pandai mengatasi semuanya atas ajaran ayahnya dahulu.


legenda aceh
legenda aceh


 

Keajaiban datang, dari tombakan ikan yang dilakukan Pangeran Amat Mude, di dalam ikan terdapat emas. Ratu menjualnya dan di sepanjang perjalanan ia bagikan kepada rakyat, ternyata raja yang sekarang sangat kejam dan rakyat banyak yang menderita. Ratu mengajak Pangeran merebut takhta.

 

Sayangnya adik Raja kembali berkelit dan justru mengajukan syarat. Pangeran Amat Mude diminta memetik sebutir kelapa gading di pulau seberang.

 

Padahal di pulau seberang tersebut di jaga oleh 3 makhluk mengerikan, tapi pangeran Amat Mude tidak gentar. "Doa ibu menyertaimu, Nak." sahut Ratu. Memberikan restu agar pangeran berangkat.

 

"Ya Tuhan, bantulah aku," doanya. (Halaman 19).

 

Demi rakyat alas, pangeran Amat Mude berangkat. Di tengah lautan badai datang menghadang, dan pangeran juga bertemu dengan tiga makjluk yang menyeramkan. Ada Buaya raksasa, Naga raksasa, dan Ikan merah raksasa.

 

Tetapi apa yang terjadi, mereka bertiga tidak jadi memangsa Pangeran Amat Mude dan justru membantu melaksanakan misi mendapatkan kelapa gading. Mengapa? Karena ternyata makhluk mengerikan, besar, dan bertaring itu sahabat ayahnya yang baik. Ya, Raja Alas terkenal raja yang penyayang kepada semua.

 

Kelapa di dapatkan atas bantuan naga, Ikan merah dan Buaya raksasa turut mengantarkan pengeran. Jaga-jaga kalau adik raja mangkir. Apakah berhasil diserahkan kembali tahkta Raja Alas? Baca kisah lengkapnya di sini ya.

 

Jujur terharu banget baca buku ini, langsung nyes gitu. Takut Pangeran Amat Mude ditelan, eh justru sebaliknya. Buku yang banyak mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Salahs atunya jangan pernah berhenti berbuat baik kepada siapa saja. Karena perbuatan baik itu seperti cermin yang akan memantul kepada kita sendiri.

 

 

Kesimpulan

 

 

Buku cerita anak 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Nanggroe Aceh Darussalam: Pangeran Amat Mude' yang ditulis Kak Dian Kristiani sungguh membuat saya terharu dan belajar banyak hal. Apalagi jika ini diteruskan ke anak-anak.

 

Anak-anak akan belajar banyak hal. Tidak hanya mengenal legenda cerita dari Aceh, tetapi juga nilai kebaikan yang ditanamkan oleh Raja kepada anaknya. Kita harus baik kepada siapapun, karena kebaikan akan kembali kepada mereka yang ebrbuat baik.

 

Buku yang bisa menjadi dongen sebelum tidur, pun anak jgua bsia belajar bahsa Inggris sejak dini.

 

Selamat membaca

 

Referensi pendukung artikel :

 

https://ebooks.gramedia.com/id/buku/seri-cerita-rakyat-nusantara-nanggroe-aceh-darussalam-pangeran-amat-mude
https://penerbitbip.id/books/2963/seri-cerita-rakyat-nusantara-nanggroe-aceh-darussalam-pangeran-amat-mude-e-book

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Member BPN

Member BPN

@nyipedesouvenir


KEB

Gandjel Rel

Komunitas Blogger Kendal
Seedbacklink