Review Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu


Seri Cerita Rakyat Nusantara Sangi Sang Pemburu, berasal dari Kalimantan Tengah. Kisah ini menceritakan pemuda bernama Sangsi, yang memiliki pekerjaan menjadi pemburu. Sebuah hal terjadi ketika ia sedang berburu, apakah hal tersebut? Baca reviewnya di bawah ini ya.


Review Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah Sangi Sang Pemburu
Review Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah Sangi Sang Pemburu


 

Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu ditulis oleh Dian Kristiani. Penulis produkti Indonesia, yang kebanyakan menulis buku untuk anak.

 

Buku 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu' memiliki 35 halaman dan menggunakan bahasa Indonesia serta English. Jadi anak-anak bisa belajar dua bahasa sekaligus.

 

Saya membaca buku anak 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu' melalui aplikasi Gramedia Digital, tetapi di toko buku juga tersedia kok, tenang saja dan harganya cukup bersahabat. Yakni Rp35.000,-.

 

Cerita dalam buku 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu' bisa jadi buku yang dibacakan sebelum anak tidur pun bisa juga dibaca ketika anak sedang melakukan aktivitas. Meski diperuntukan untuk anak usia 4 sampai 7 tahun, andak batita juga bisa diperkenalkan kok. Tentunya perlu pendampingan orang tua.

 

Sebelum membaca buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu, bisa dibaca deskripsi buku, detail buku, dan juga reviewnya di sini lho.

 

 

Detail Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu

 

  • Judul : Sangi Sang Pemburu    
  • Penulis : Dian Kristiani
  • Bahasa : Indonesia & English   
  • Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
  • Tanggal Rilis : 18 Juni 2023
  • Media Baca  : Gramedia Digital
  • Jumlah Halaman : 32 Halaman
  • Harga : Rp35.000
  • Format bacaan : PDF
  • ISBN : 978-623-04-1356-8
  • Untuk jenjang usia : 4-7 tahun

 

 

Detail Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah Sangi Sang Pemburu
Detail Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah Sangi Sang Pemburu

Deskripsi Buku Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu

 

 

Sangi dikutuk menjadi naga. Namun, selama dia bisa merahasiakannya, dia hanya akan menjelma menjadi naga satu hari dalam sebulan. Dia bahkan menjadi lebih kuat dan awet muda. Namun saat usianya tua, anak cucunya mulai bertanya-tanya. Mengapa Sangi terus kuat? Apa rahasianya? Sayangnya Sangi keceplosan, dan dia menceritakan rahasianya. Apa yang terjadi kemudian?

 

 

 

Review Buku Anak Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu

 

 

Sangsi Sang Pemburu adalah pemuda yang tinggal di  pinggiran Sungai Kahayan, dari Kalimantan Tengah yang suka berburu. Tidak hanya pandai berburu, ia juga mahir menyumpit, alat yang digunakan untuk berburu. Hampir semua buruan yang ia sumpit sukses, dan jarang gagal. Namun kali ini ia kurang beruntung.

 

"Huhu, sudah seharian aku berjalan. Kenapa tidak ada hewan yang bisa kusumpit?" (halaman 6)

 

Srek ... srek ...

 

Sangi langsung menoleh dan mencari arah suara dari semak-semak. Rasa-rasanya ada sekelebat bayangan dan Sangsi langsung bersiap dengan sumpitnya.

 

Namun makin dikejar, Sangi makin masuk ke hutan dan tidak menemukan apapun. Setelah diteliti dari segala arah, Sangi menemukan jejak kaki babi hutan dan ia terus mengejar jejak tersebut.

 

Ketika babi hutan sudah ketemu, Sangsi bersiap menyumpit namun yang terjadi babi hutan dihadang naga. Naga yang besar membuka mulut dan siap menangkap ababi hutan. Sangi ketakutan dan bersembunyi tapi naga tahu keberadaan Sangi

 

"Siapa kamu berani mengintipku?" teriak naga marah. (halaman 13)

 

Sangi gemetar dan lututnya lunglai, ia sebenarnya tidak bermaksud mengintip dan sedang berburu. Tapi Naga tidak peduli. Dalam sekejap, BLARRRRRRRRR ... Naga berubah  menjadi orang yang tampan.

 

"Aku adalah naga jadi-jadian. Dan karena kamu sudah mengintipku, artinya kamu juga harus menjadi naga jadi-jadian!" (halaman 15)

 

 

Nasi sudah menjadi bubur Sangi yang tidak menyangka akan bertemu naga jadi-jadian, harus juga menjadi seraong naga. Sepanjang menjadi naga jadi-jadian, Sangi akan terus hirup sampai dengan ratusan tahun dan tidak akan pernah menua. Akhirnya Sangi mau dan hanya ada satu syarat.

 

"Kamu harus menjaga rahasia ini. Jika tidak, kamu akan jadi naga yang sebenarnya," pesan pemuda terebut. (Halaman 19)

 

Sangi pasrah dan ia hanya akan menjadi naga satu kali dalam sebulan. Sangi pun menjadi orang yang disegani, karena suka menolong dan membantu siapa saja. Ia juga memiliki anak dan cucu yang sangat menyayangi. Dan mereka semua selalu merasa keheranan. Setiap kali ditanya kenapa dirinya selalu lebih muda dibandingkan saudara dan anaknya, ia hanya tersenyum.

 

Sayangnya tidak lagi keluarga yang selalu penasaran, tetangga dan semua orang selalu bertanya kepada Sangi. Kenapa ia tidak pernah tua, tselalu muda, bahkan orang-orang yang seusia dirinya sudah meninggal. Mereka penasaran dan ingin tahu rahasianya.


Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah Sangi Sang Pemburu
Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah Sangi Sang Pemburu


 

Karena lelah akhirnya ia bercerita dan pikir Sangi, naga yang pernah berpesan pada dirinya sudah melupakan Sangi. Tapi apa yang terjadi? Saat ia bercerita, tubuhnya tiba-tiba memanas dan merasa kegerahan. Kulitnya menjadi bersisik merah. Cucunya kaget melihat kakenya bertaring dan menjadi besar. Sangi berlari ke dalam rumah dan mendapati dirinya menjadi naga pada sebuah cermin. Sangi menjadi naga betulan. Ia harus bagaimana selanjutnya? Yuk baca buku 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu'.

 

Pasti penasaran ya kan? Apakah Sangi akan menjadi manusia lagi? Bagaimana ia harus hidup?

 

Kesimpulan

 

Saat membaca buku anak 'Seri Cerita Rakyat Nusantara Kalimantan Tengah: Sangi Sang Pemburu', si kecil akan banyak belajar banyak hal. Dari bagaimana menjadi seorang pemburu yang baik, bagaimana harus menjaga amanah sebuah rahasia. Yang mana tidak boleh diumbar maupun diceritakan ke orang yang lain. Kalau tidak ya, akan seperti pemuda bernama Sangi ini.

 

Buku ini juga bisa menjadi dongeng sebelum tidur. Anak bisa mengenal yang namanya hewan bernama naga, memiliki tubuh besar, taring, sayap, dan juga bisa menyemburkan api.

 

 

Sumber pendukung artikel

 

https://www.gramedia.com/products/seri-cerita-rakyat-nusantara-kalimantan-tengah-sangi-sang-pemburu
Edit dengan Canva
https://tokopedia.link/A8q7Dr5PcGb (bisa dibeli di sini bukunya)

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Member BPN

Member BPN

@nyipedesouvenir


KEB

Gandjel Rel

Komunitas Blogger Kendal
Seedbacklink